SPACE IKLAN

header ads

Siswa MAN Lobar Antusias Ikuti Pembelajaran Kreatif

Implementasi Strategi EMBER, Siswa MAN LOBAR Sangat Antusias.

Oleh. Ilhm
Rabu 18 Januari 2023.

LOMBOK BARAT, WARTABUMIGORA - Awal tahun ini moment Pimpinan untuk melakukan upaya inovasi pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan bagi siswanya. Hal ini sebagai salah satu pola perubahan paradigma lama dari 75% guru menggunakan pola ceramah dan hanya 25% guru menggunakan desain pembelajaran yang kreatif, Rabu (18/01/2023).

Harapan Kepala MAN Lombok Barat H. Abdul Azis Faradi M.Pd yang juga selaku Fasilitator Provinsi di Program Pengembangan Profesi Berkelanjutan (PPKB) agar mengimplementasikan desain pembelajaran yang 75% guru-guru MAN Lombok Barat mengubah paradigma baru untuk menggunakan sintak pembelajaran yang Partisipatif, Kolaboratif, dengan Strategi Demonstrasi, Kontekstual Teaching Learning, Unjuk Kerja, Diskusi Kelompok Kecil, Kolaborasi Sosiodrama untuk mata pelajaran sosial dan bahasa serta mapel Rumpun Agama lebih banyak Praktek dalam Laborotorium Imtaq Terintegrasi setiap pagi Jumat. 

"Termasuk juga mapel MIPA lebih banyak Praktek di ruang Lab. MIPA dengan memanfaatkan Mikroskop, Alat Ukur, Timbangan, alat pengukur suhu serta banyak media lainya," ucap H. Abdul Azis Faradi, M.Pd selaku Ķepala MAN Lombok Barat yang sudah banyak makan garam serta hampir 20 tahunan menjadi guru di Madrasah.

" Selain itu, pola pembelajaran kolaboratif serta terintegrasi dari berbagai metode pembelajaran ini nantinya akan mampu menjadi bekal awal untuk menghadapi Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Tahun Pelajaran 2023/2024 bulan Juli nantinya," ungkap pak Agus Setiyono, ME. selaku Waka Kurikulum saat diruang kerjanya tadi pagi.

H. Abdul Azis Faradi, M.Pd sangat mengapresiasi upaya tindak lanjut dari para guru yang sudah di Bimtek di Pokja MGMP untuk terus berkreasi dan berinovasi sehingga para peserta didik mampu memiliki karakter building seperti rasa percaya diri tampil di depan temannya, kemampuan presentasi, menghargai pendapat kelompok lain, saling bertukar pikiran dengan teman kelompok lain, melatih sikap tanggung jawab, semua ini dibentuk dari pola Pembelajaran yang inovatif dan dengan strategi EMBER. (Efektif, Mengkomunikasikan, Berkolaborasi, dan Reaktif.)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar