SPACE IKLAN

header ads

Solutif Dan Inovatif, Pemuda Santong KLU Buat BBM Dari Sampah Plastik

Ketua KSM Mandiri Heri Suhirman. 

Oleh. DVD
Rabu 1 Februari 2023.

LOMBOK UTARA,WARTABUMIGORA - Santong Darurat Sampah" merupakan kalimat yang kerap disematkan para pemuda Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara (KLU) ketika membahas persoalan lingkungan. Namun, kini mereka memiliki sulusi jitu menghadapu over produksi sampah tersebut, terutama sampah plastik. 

Para pemuda Desa Santong, yang tergabung dalam Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Mandiri ini, berhasil menyulap sampah plastik menjadi bahan bakar minyak (BBM) melalui proses pembakaran plastik atau yang kerap disebut Virolisis. Plastik yang dibakar dirubah menjadi bahan bakar minyak mentah yang dapat diproses menjadi jenis Solar, Bensin, maupun Spritus. 

"Semua ini berangkat dari kekhawatiran kami, terkait overproduksi sampah di desa kami. Nanti ini kami bakar dengan beberapa alat, sehingga menghasilkan BBM," Papar Ketua KSM Mandiri Heri Suhirman. 

Pria yang akrab disapa Erick tersebut menjelaskan, kegiatan yang dilakukannya sudah berjalan sekitar dua bulan. Mereka mengumpulkan sampah plastik dari berbagai sumber seperti pasar, sekolah, hingga rumah-rumah di pemukimannya.

Menurutnya, dari lima kilogram sampah yang dibakarnya ia mampu menghasilkan sekitar 2,5 liter BBM. Alat-alat yang digunakannya memang termasuk sederhana dan masih terbatas, sehingga belum bisa memproduksi secara besar-besaran. Perhari, Erick dan kawan-kawan, berhasil mengolah sekitar 10 sampai 20 kg sampah plastik menjadi lima hingga 10 liter BBM. 

"Kami masih kecil, alat-alat pembakaran kami terbatas, kapasitasnya juga kecil. Tapi setidaknya untuk solusi sampah plastik ini bisa diandalkan," urai Erick. 

Limbah hasil. pembakaran plastik tersebut, berbentuk semacam sedimen yang mirip pasir. Menurut Erick, limbah itu dapat dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan aspal, atau membuatnya menjadi bahan bakar seperti arang. Hingga saat ini belum ada pengembangan mengenai limbah tersebut. 

"Kita masih terus berusaha tetap berinovasi, dan terus melakukan kajian terhadap limbah hasil. pembakaran ini," terangnya. 

Ditemui di ruang kerjanya pada Selasa (31/1/2023) Kepala UPTD Persampahan Dinas LH-PKP KLU, Asaf Fyzee Hidayat mengapresiasi inovasi yang tengah dilalukan para pemuda Desa Santong tersebut. Ia memaparkan, kegiatan tersebut merupakan inovasi pengolahan sampah plastik yang tepat, dan menjadi kegiatab Virolisis pertama di Lombok Utara. 

"Untuk Vorolisis, ini yang pertama di KLU, saya pikir ini tepat untuk persoalan sampah plastik, dan kami dari pihak UPTD Persampahan tentu saja mendukung sepenuhnya," urai Hidayat. 

Menurutnya, pihaknya sedang melakukan proses administrasi untuk memberikan fasilitas penunjang berupa kendaraan roda tiga kepada para pemuda Santong yang tergabung dalam KSM Mandiri. 

Ia berharap, para pemuda ini tetap konsisten untuk berinovasi, sehingga ke depan banyak persoalan sampah yang dapat teratasi. 

"Kami harap, kawan-kawan jangan cepat puas, terus berinovasi sehingga semakin banyak masalah yang dapat terpecahkan," tutupnya. 


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar