SPACE IKLAN

header ads

Warga Dusun Remitan Keluhkan Pelayanan PLN Praya

Foto Istimewa.

Oleh. Ham
Sabtu 6 Januari 2023.

LOMBOK TENGAH, WARTABUMIGORA -Situasi angin kencang pada akhir-akhir ini menyebabkan banyak pohon yang tumbang menimpa fasilitas umum seperti jaringan listrik. Seperti yang terjadi di Dusun Remitan Desa Mangkung Kec. Praya Barat-Lombok Tengah, banyak jaringan listrik yang tertimpa pohon dan bambu yang mengakibatkan kabel listrik terlepas dari tiangnya.

Kepala Dusun Remitan Ahmad Yani, S.Pd pada hari Jum'at (6/1/2023) menuturkan akibat sudah lama dan bahkan tidak pernah dilakukan pemeliharaan pemangkasan pohon atau bambu yang didekat jaringan listrik oleh PLN mengakibatkan banyak kabel listrik yang tertimbun dan banyak kabel listrik yang terlepas dari tiangnya. Disamping itu, ada tiang listrik kondisinya miring yang sangat berbahaya bagi pengendara dan warga setempat. 

"PLN tidak pernah melakukan pemeliharaan pemotongan pohon, kondisi kabel listrik sangat berbahaya bagi masyarakat, ada kabel listrik yang hampir menyentuh tanah, ada yang tertimbun ranting dan bambu, dan ada tiang listrik yang miring". Tuturnya.

Ahmad Yani, S.Pd menambahkan bahwa ada 2 (Dua) RT di wilayah Dusun Remitan yakni RT Dasan Je dan Batu Bungus yang belum memiliki tiang listrik sehingga sudah beberapa tahun menggunakan bambu sebagai tiangnya. Pihaknya sudah mengusulkan ke PLN untuk dipasangkan tiang permanen namun sampai saat ini belum ada tanggapan. Ini tentu sangat berbahaya dan mengganggu aktivitas masyarakat di sawah yang dilalui jaringan listrik ini. Tidak jarang tiang dari bambu sering jatuh menimpa tanaman masyarakat.

 "Warga kami butuh perhatian agar tidak terjadi hal yang buruk akibat jaringan listrik ini, kami sudah usulkan agar segera dipasang tiang permanen namun belum ada respon". Ungkapnya.

Kepala Dusun Remitan berharap kepada pihak PLN untuk rutin secara berkala melakukan pemeliharaan pemotongan ranting pohon atau bambu yang mengganggu jaringan listrik di wilayahnya. Karena tidak mungkin masyarakat awam yang akan melakukan karena ini pekerjaan berisiko tinggi dan berbahaya. Serta melakukan pemeliharaan terhadap tiang yang sudah miring kondisinya dan menaikkan atau memasang kabel listrik yang terlepas dari tiangnya. "Kami berharap kepada PLN untuk rutin melakukan pemeliharaan di wilayah dusun kami". Harapnya.

Sementara itu salah seorang warga Haerudin menuturkan ia merasa hawatir melihat kabel listrik yang terlepas dari tiangnya. Soalnya banyak warga yang lalu lalang ke sawah atau ladangnya. Ia berharap ada perhatian serius dari PLN untuk segera memperbaiki. "Kami takut dan khawatir melihat banyak kabel listrik yang terlepas dari tiangnya, mudah-mudahan PLN segera memperbaiki". Tuturnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar