SPACE IKLAN

header ads

Pelantikan Desa, Wabub Dompu Titip Pesan Bekerja Sesuai Aturan

Pengambilan sumpah dan janji pengawas pemilu di 81 kelurahan dan desa tersebut dihadiri langsung Wakil Bupati Dompu,

Oleh. Ipul
Selasa 7 Februari 2023.

DOMPU, WARTABUMIGORA - Demi kelancaran pelaksanaan Pesta Demokrasi Pemilihan Umum serentak di tahun 2024 mendatang. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Dompu tingkat kecamatan melantik dan mengambil sumpah dan janji sekaligus memberikan bimbingan tekhnis kepada Panitia Pengawas Pemilihan Umum tingkat Kelurahan dan Desa se-Kabupaten Dompu yang dilaksanakan di Gedung Samakai, Senin (06/02/2024).

Pengambilan sumpah dan janji pengawas pemilu di 81 kelurahan dan desa tersebut dihadiri langsung Wakil Bupati Dompu, Ketua Bawaslu Dompu beserta anggota, perwakilan TNI/Polri, unsur Kejaksaan, seluruh Camat, Ketua Panwas Tingkat Kecamatan, tokoh agama dan Insan Pers.

Usai pengambilan sumpah dan janji Pengawas Pemilu tersebut, Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsyan, ST, MT mengharapkan kepada seluruh Panwaslu dapat bekerja  sesuai dengan aturan yang berlaku  dengan tetap menjunjung tinggi netralitas, integritas dan indepeden pengawas pemilihan umum di tahun 2024 mendatang.

Ketua Bawaslu Dompu Drs. Irwan mmeberikan ucapan selamat kepada salah seorang Panwaslu Kelurahan/Desa. (Foto : Prokopim).

“Mari kita sama-sama ciptakan pemilu yang jujur, adil dan damai, demi menghasilkan pemimpin dan wakil rakyat yang benar-benar mencerminkan kedaulatan ditangan rakyat, pemilu wajib diselenggarakan dengan asas langsung, umum bebas rahasia jujur dan adil sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku,” ujar Wabub.

Wakil Bupati juga menjelaskan, disetiap tingkatan lembaga pengawasan memiliki tugas, wewenang dan kewajiban yang berbeda-beda, akan tetapi semuanya berperan menghadirkan pemilu yang berkualitas yang akan menghasilkan pemimpin dan wakil rakyat terbaik disetiap tingkatannya.

“Sekali lagi saya mengajak kepada kita semua untuk mewujudkan pemilihan umum, baik itu Pileg, Pilpres dan Pilkada khususnya di Kabupaten Dompu, jangan sampai dicederai dengan tindakan yang tidak demokratis dan tindakan yang curang dan untuk mencegahnya, pengawas pemilu harus sigap lebih awal untuk berada di garda terdepan,” sarannya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, kembali Wakil Bupati mengajak kepada seluruh Panwaslu khususnya di tingkat desa/kelurahan yang telah dilantik dan diambil sumpahnya untuk bekerja dengan hati nurani, jujur dan adil.

Sebelumnya, ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Dompu Drs. Irwan mengingatkan kepada Panwaslu Kelurahan/Desa yang telah dilantik dan diambil sumpahnya untuk dapat mempertanggungjawabkan sumpah dan janjinya terhadap bangsa dan negara dengan cara bekerja menjalankan tugas dan wewenang secara adil dan jujur sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku di negara ini.

“Saudara-saudari adalah  orang-orang terpilih dan terbaik, dan saya percaya saudara dapat menjalankan tugas dan kewenangan dengan baik sesuai dengan aturan,” ujarnya.

Dari pantauan langsung, kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah janji serta Bimbingan Tekhnis Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/ Desa se-Kabupaten Dompu berjalan dengan aman dan lancar.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar