SPACE IKLAN

header ads

Pemda Dompu Sukseskan Gema Patas 1 Juta Patok Batas se-Indonesia

Pemda Dompu, Bersama ATR/ BPN Kantah Dompu Sukseskan Gema Patas 1 Juta Patok Batas se-Indonesia.

Oleh. Ipul
Minggu 5 Februari 2023.

DOMPU, WARTABUMIGORA - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melaksanakan pemasangan 1 juta patok secara serentak di seluruh Indonesia. Jum’at, (03/02/23).

Kegiatan pemasangan patok ini merupakan upaya mengakselerasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) melalui Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (Gema Patas).

Pelaksanaan pasang patok anti cekcok dan anti caplok, dilaksanakan di Desa Rasabou, Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu.

Sebelumnya pemasangan patok, lebih dulu mendengarkan kegiatan pelaksanaan pemasangan juta patok secara serentak di seluruh Indonesia secara virtual. Kegiatan virtual diikuti dari Kantor Desa Rasabou bersama forkofimda, Kepala BPN Dompu, Kepala Dinas DPMD, Kepala Dinas Bapenda, Camat Hu.u dan elemen penting lainnya.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Dompu I Komang Suarta, SE., MH menjelaskan tujuan Gema Patas ini adalah menggerakkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memasang tanda batas pada tanah yang dimiliki.

“Juga bertujuan menekan konflik dan sengketa. Untuk Kabupaten Dompu target pemasangan patok sebanyak 200 patok di wilayah Kelurahan dan Kecamatan,” ungkapnya.

Lokasi pemasangan patok di Kabupaten Dompu ini masuk program PTSL tahun 2023 dengan luas 6.364 Hektar. Sehingga ini dilakukan juga mempercepat PTSL yang ada di Dompu.

“Selain itu, untuk menghidari dari mafia tanah, pengamanan aset dan menjamin kepastian batas bidang tanah,” jelasnya.

Komang Suarta menyampaikan, terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Dompu, Kepada Bank BRI Cabang Dompu, Camat Hu’u Kepala Desa Rasabou dan Seluruh pihak yang telah membantu mendukung kegiatan Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (Gemapatas).

bupati H kader jaelani 1 juta patok 2023Sementara itu, Bupati Dompu H. Kader Jaelani mengatakan, pemerintah Kabupaten Dompu sangat mempresiasi kegiatan Gemapatas ini. Yakni bertujuan mencegah konflik agraria.

“Mari sama-sama kita sukseskan pemasangan 1 juta patok ini merupakan langkah awal,” tegasnya.

Sambungnya Pemda sangat mendukung kegiatan ini. Sertifikat yang akan dimiliki nanti, tetunya bernilai sebagai modal bagi masyarakat untuk jaminan pada pihak perbankan.

“Alhamdulilah untuk seluruh masyarakat Kabupaten Dompu pada tahun ini mendapatkan target sebanyak 200 patok,” tutur Bupati.

Diakhir sambutannya Bupati Dompu mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Kantor Pertanahan Kabupaten Dompu atas usaha dan kerja kerasnya membantu masyarakat mendapatkan hak-haknya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar