SPACE IKLAN

header ads

Dinas LH Dompu Gelar Lomba Mewarnai TK & PAUD

Foto. Istimewa.

Oleh. Ipul
Rabu 8 Maret 2023.

DOMPU, WartaBumigora - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu Menggelar Lomba Mewarnai Tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) dan Paud Se-Kabupaten Dompu, Selasa (07/3), bertempat di Taman Kota Dompu. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan minat dan budaya baca anak usia dini melalui kegiatan seni mewarnai gambar.

Lomba yang mengusung tema “Optimalisasi Fungsi Ruang Terbuka Hijau Sebagai Wadah Edukasi Pengelolaan Lingkungan Hidup” tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST., MT.

Dalam sambutannya, Syahrul Parsan  mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu tersebut. Ia mengatakan bahwa kegiatan mewarnai gambar prinsipnya sama dengan kegiatan membaca ala anak-anak. Menurutnya anak-anak akan lebih mudah memahami sesuatu melalui gambar.

“Anak-anak kan belum kenal huruf. Mereka kenalnya gambar. Maka mereka memaknai gambar itu sebagai suatu kalimat, bisa menjadi rangkaian cerita yang panjang,” jelasnya.

Lebih lanjut H. Syahrul Parsan mengatakan bahwa pembelajaran terhadap anak-anak awalnya memang harus dipaksa. Namun menurutnya pemaksaan tersebut tidak harus dengan cara yang kasar. Ia mengatakan bahwa lomba mewarnai terebut diselenggarakan juga dalam rangka memaksa anak usia dini untuk menumbuhkan minat baca, tapi dengan cara yang menyenangkan.

“ada pepatah yang mengatakan begini, awalnya dipaksa, kemudian jadi biasa, kemudian jadi budaya. Dipaksa kan tidak harus dengan kasar. Ini kan sebenarnya juga sedang dipaksa. Tapi mereka tidak tau kalau dirinya sedang dipaksa,” ungkap Wabup.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu Jufri, ST. , M.Si mengatakan bahwa pihaknya tengah menggalakkan budaya Dompu Berjasa (Jum.at bersih, sabtu hijau dan minggu sehat) kepada masyarakat, termasuk anak usia dini.

Kebiasaan Dompu Berjasa pada anak usia dini  lanjutnya, harus dibiasakan mulai dari lingkungan keluarga. Menurutnya pembiasaan hidup sehat  pada anak-anak bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan, seperti dengan cara mengajarkan anak-anak untuk menjaga lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, mengenalkan cara menanam tanaman dan melalukan olahraga.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar