SPACE IKLAN

header ads

Kembalikan Nafas Wong Cilik, Puan Maharani dan Rizal Ramli

Foto. Istimewa.

Oleh. Mell
Kamis 16 Maret 2023.

JAKARTA, WartaBumigora - Wacana tandem Dr Rizal Ramli (RR) dengan Puan Maharani untuk maju sebagai pasangan bakal Capres/Cawapres pada pilpres 2024 mendapat dukungan dari berbagai pihak. Jika duet Rizal-Puan diusung PDI Perjuangan tentu akan mengembalikan partai berlambang kerbau moncong putih itu sebagai partai wong cilik. Selain itu, keduanya diprediksi bakal menangi Pilpres 2024.

“Secara Normatif saat ini hanya Dr Rizal Ramli yang mampu menjawab persoalan mendasar yang dihadapi bangsa Indonesia yang pokoknya dipersoalan ekonomi dan korupsi,” ujar Aminudin, peneliti senior dari Institute for Strategic and Development (ISDS) kepada Wartabumigor, Selasa (14/3/2023).

Menurutnya, persoalan ekonomi yang terjadi saat ini adalah utang pemerintah Indonesia yang menjulang tinggi. “Jumlah utang itu sangat potensial jadi ledakan ekonomi politik seperti yang terjadi di Srilanka. Saat ini utang Indonesia sudah sekitar 1000% lebih banyak dari Srilanka.

Selain itu gelombang kemiskinan dan pengangguran trennya juga makin meningkat. Oleh karena itu saat ini Indonesia membutuhkan figur Dr Rizal Ramli untuk menyelamatkan Indonesia agar tidak tergelincir ke dalam krisis ekonomi lebih buruk dari tahun 98. Lebih lanjut Gus Amin, panggilan akrab Aminudin ini menegaskan, RR telah teruji sukses mengambil kebijakan ekonomi. RR terbukti paling sukses menjalankan kebijakan ekonomi dalam sejarah Indonesia. Waktu RR menjabat Menteri Perekonomian Kabinet Gus Dur tercatat tercepat atasi kemiskinan 4.9% dalam tempo setahun.

“Dr Rizal Ramli juga mampu mengurangi kesenjangan ekonomi di Indonesia yang ditunjukkan oleh indikator rasio gini. Jadi wajar jika banyak tokoh termasuk di partai-partai seperti PDIP, Golkar, dan sebagainya banyak berminat menjadikan Dr Rizal Ramli sebagai calon presiden,” tambahnya.

MENANG PILPRES

Sementara itu, Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie mengatakan, jika Rizal Ramli dipasangkan dengan Puan maka akan mendapatkan banyak keuntungan politis. Diprediksi keduanya bakal memenangkan pilpres 2024 dan PDIP menangi pemilu. Apalagi Rizal Ramli sudah memiliki pengalaman, baik nasional dan internasional. Kiprah Rizal Ramli juga sudah diakui PBB sebagai pakar ekonomi.

“Saat menjabat menteri perekonomian mampu menaikan ekonomi dari minus 3 persen menjadi naik 4 persen. Hal ini hanya dapat dilakukan oleh beberapa ekonom handal Indonesia seperti Ali Wardana, Marie Muhammad dan Wijoyo Nitisastro. Rizal Ramli merupakan begawan ekonomi,” jelasnya. Jerry menilai jika Rizal Ramli-Puan disatukan maka akan menjadi perpaduan Sukarno - Hatta. Karena Puan dari keturunan Sukarno. Sementara Rizal Ramli dari Sumatera Barat, tempat kelahiran Bung Hatta. Oleh karena itu Rizal Ramli-Puan layak dipasangkan dan disandingkan. Apalagi Rizal Ramli juga banyak pendukungnya, antara lain civil society, tokoh - tokoh kritis, NU kultural, kaum buruh dan pro demokrasi.

“Megawati harus melihat Rizal Ramli-Puan, hanya dengan tokoh-tokoh yang sudah ada di survei-survei itu. Coba lah PDIP melakukan survei Rizal Ramli - Puan,” tandasnya.

WONG CILIK

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Bumiputera Nusantara Indonesia (Asprindo), H. Jose Rizal juga mengapresisi wacana tandem Rizal Ramli dengan Puan Maharani untuk maju sebagai pasangan bakal capres/cawapres pada pilpres 2024. Sementara Puan, sambung Jose, mewakili gender 30 persen dari total pemilih yang ada di Indonesia. Sedangkan Rizal Ramli mewakili ekonom, dunia usaha, dan juga sosial society. Apalagi Rizal Ramli dikenal sebagai aktivis vokal. Selama ini Rizal Ramli juga dikenal tidak neko-neko, berintegritas dan tidak tersandung masalah apapun.

“Nama Rizal Ramli cukup bersih. Tiga kali menteri dan Dirut di salah satu bank ternama di Indonesia. Jadi jika Rizal Ramli - Puan akan jadi lawan terberat Anies-AHY,” paparnya.


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar