SPACE IKLAN

header ads

Praktik Kerja Lapangan, SMKN 1 Sekotong Ke Benoa Bali

Foto. Istimewa.

Oleh. ll
Rabu 8 Maret 2023.

LOMBOK BARAT, WartaBumigora -- SMK Negeri Sekotong melakukan studi Kegiatan Praktik Kerja Industri di Benoa Denpasar Bali. Selasa (7/3/2023).

Kegiatan tersebut dilakukan selama 6 (Enam) bulan mulai dari Maret hingga September 2023.

Menurut Kepala SMKN 1 Sekotong Sulman Haris, Kegiatan Praktik Kerja Industri adalah proses yang harus dilalui oleh setiap peserta didik SMKN Sekotong.

Setelah menerima materi pelajaran produktif kata dia, tentu sesuai Kompetensi Keahlian masing-masing. 

" Setelah tiga semester mereka mendapatkan teori maka akan mereka praktikkan atau implementasikan di Dunia Usaha dan Dunia Industri secara langsung di lapangan." Ujar Sulman Haris. Rabu (8/3/2023).

Selain itu juga, Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) adalah satu Kompetensi Keahlian di SMKN 1 Sekotong yang Prakrinnya dilaksanakan di Pelabuhan Benoa Denpasar Bali. 


" Ya SMKN 1 Sekotong bekerjasama dengan CV. SUDIWA  UTAMA dan PT Bandar Nelayan Denpasar, Kerjasama ini sudah berlangsung sejak tahun 2019 yang lalu." Katanya.

Kegiatan Prakrin diikuti oleh Sembilan Peserta Didik Kls XI NKPI yang berlangsung selama enam bulan mulai dari bulan Maret 2023 sampai dengan bulan September 2023 dengan lokasi jelajah Kapal Penangkap Ikan mulai dari perairan bali sampai ke perairan di Nusa Tenggara Timur, Maluku dan terkadang sampai Papua perairan timur Indonesia.

Sedangkan Pelepasan oleh orang tua dan sekolah dilaksanakan pada hari selasa 7 Maret 2023, dilanjutkan dengan pengantaran dan serah terima langsung dengan Direktur CV. SUDEWA UTAMA Abd Rohman di Benoa Bali oleh dirinya selaku Kepala Sekolah SMKN 1 Sekotong yang didampingi Waka Humas yang sekaligus juga Ketua Pokja Prakrin SMKN Wirya Supandi.

" Kegiatan lain adalah Penanda Tanganan Kerjasama (PKS) antara SMKN 1 Sekotong dengan CV. SUDIWA UTAMA sebagai wujud kemitraan untuk penyaluran Alumnus SMKN 1 Sekotong di Dunia Kerja Kemaritiman di Benoa Bali." Kata dia.

Selain itu juga Sulman Haris berpesan bahwa saat pelepasan di Pelabuhan Lembar bahwa para siswa harus menjaga Sholat dalam kondisi apapun saat melaksanakan kegiatan.

" Jaga kekompakan dan nama baik orang tua dan sekolah, kalian adalah duta NTB untuk bidang Nautika Kapal Penangkap Ikan, dan terakhir jangan malu bertanya dan melaporkan hal-hal yang urgen kepada Capten Kapal untuk mendapatkan penjelasan dan penanganan segera. Bapak Abd Rohman sebagai Direktur CV. SUDEWA UTAMA mengingatkan selama kalian di kapal harus taan pada semua aturan yang sudah menjadi ketentuan di atas kapal, jika itu kita patuhi maka semua akan berjalan dengan baik dan lancer." Pesannya.

" Selamat bertugas Kalian Putra-putra Terbaik Sekotong, Kalian bisa hebat dan kalian luar biasa," katanya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar