SPACE IKLAN

header ads

Sambut HUT Lombok Barat Ke-65, DLH Launching Gerakan Aksi Tanam Pohon Di Wisata Telaga Pandan Wangi

Foto. Wakil Bupati Lombok Barat Hj. Sumiatun saat melakukan penanaman pohon di desa Mareje timur.

Oleh. L. Emmy
Selasa 14 Maret 2023.

LOMBOK BARAT, WartaBumigora - Dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Lombok Barat ke-65, Dinas Lingkungan Hidup Lombok Barat Bekerjasama dengan Desa Mareje Timur melakukan Lauching sekaligus penanaman ribuan pohon di kawasan Wisata Telaga Pandan Wangi Mareje Timur, Kecamatan Lembar, Lombok Barat.Selasa (14/03).

Setidaknya Ribuan pohon akan di tanam di Masing-masing Desa yang sudah ditentukan dengan berbagai jenis yang disediakan DLH Lombok Barat. Mulai dari jenis kayu-kayuan hingga pohon yang mampu menghasilkan buah turut ditanam dikawasan tersebut.

Hadir dalam kegiatan penanaman tersebut Wakil Bupati Hj. Sumiatun, Kapolres Lobar, Sekertaris Daerah H. Ilham. Para Kepala OPD Terkait, Camat Lembar, Sekotong, dan Para Tamu Undangan lainnya.

Sementara itu Sekda H Ilham dalam Sambutanya mengatakan, saat sekarang ini dunia dihadapkan dengan berbagai persoalan besar diantaranya adalah perang antara Ukraina dan Rusia kemudian persoalan Inflasi yang melanda hampir semua Negara di Dunia dan juga terjadinya perubahan iklim yang luar biasa dampaknya terhadap kehidupan bermasyarakat.

“dari sekian banyak masalah-masalah yang dihadapkan oleh bangsa-bangsa dunia sekarang ini adalah yang paling dikhwatirkan dan berbahaya terjadinya perubahan iklim.

Oleh karena itu perubahan iklim khususnya di Lombok Barat sudah mulai kita rasakan bentuknya perubahan cuaca ektrem yang saat ini panas sebentar lagi tiba-tiba hujan, hujan lebat menimbulkan berbagaai persoalan seperti banjir, longsor dan lain sebagainya.

“untuk mencegah perubahan iklim ini satu-satunya dengan cara menanam pohon karena pohon berbagai macam manfaatnya diantaranya, dapat menyejukan di musim panas, membersihkan udara,bisa meningkatkan fungsi kongnitif dan terakhir membantu mencegah banjir dan longsor.

Sekda juga berpesan dukunglah kegiatan menanam pohon ini bukan hanya dalam proses penanaman tapi juga setelahnya, yaitu bagaimana agar pohon ini bisa tumbuh dengan subur.

Ditempat yang sama Kadis LH Hermansyah juga menyampaikan, aksi menanam pohon dirangkai dala rangka HUT Kabupaten Lombok Barat ke-65 mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat untuk kehidupan yang akan datang karena apa yang ditanam ini tentu akan dinikmati oleh anak cucu kita dimasa yang akan datang.

“salah satu yang dilakukan oleh dinas lingkungan Hidup Lombok Barat dengan melaksanakan kegiatan penanaman pohon diberbagai tempat dan salah satunya dilauncing di Wisata Telaga Pandan Wangi Desa Mareje ini dengan membagikan 3 ribu pohon yang terdiri dari pohon durian, Sirsak, Jambu, Ketapang.

Lebih jauh setelah kegiatan lahuncing ini kita kemudian akan memberikan beberapa bibit pohon ke setiap desa-desa yang telah ditentukan.

Harapan kedepannya kegiatan-kegiatan yang akan datang akan lebih memperluas kegiatan aksi menanam pohon bagaimana melestraikan lingkungan tentu nantinya akan memberi manfaat untuk kehidupan Masyarakat khususnya wilayah Kabupaten Lombok Barat.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar