SPACE IKLAN

header ads

Jelang Lebaran, TIM SAR Siapkan Kapal Penyelamatan di Pelabuhan Lembar

Foto. Istimewa.

Oleh. ll
Kamis 20 April 2023.

MATARAM, WartaBumigora -- Bekerja sama dengan potensi SAR, Basarnas Mataram gelar simulasi SAR satuan kecelakaan kapal dalam rangka kesiapsiagaan angkutan lebaran 2023 di Pelabuhan Lembar, Rabu (19/4).

Kepala Basarnas Mataram Lalu Wahyu Efendi menyebutkan, dalam kegiatan itu melibatkan Polair Polda NTB, KSOP Lembar, KP3L Lembar, dan unsur terkait lainnya.

"Dalam simulasi ini kita menggandeng potensi SAR terkait," kata Wahyu di sela-sela kunjungan lapangan bersama Forkopimda NTB di posko terpadu Pelabuhan Lembar.

Dalam simulasi diceritakan ada korban jatuh dari kapal. Tim SAR gabungan melakukan pencarian dan menemukan target dalam keadaan selamat. Korban dievakuasi menggunakan perahu karet dan dipindahkan ke kapal Rescue Boat 220 Mataram untuk pertolongan pertama. Selanjutnya diserahkan ke tim medis yang berada di Pelabuhan Lembar untuk penanganan lebih lanjut.

"Tujuannya untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan sinergitas dengan potensi SAR, terlebih saat masa mudik lebaran," tambahnya.

Untuk diketahui, selain Pelabuhan Lembar, kunjungan lapangan kesiapan pengamanan angkutan Lebaran juga dilakukan di Terminal Tipe A Mandalika dan Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM).

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar