SPACE IKLAN

header ads

Saat Ramadhan, Pemda Lombok Barat Gelar Pasar Murah di Kantor Desa Sekotong Timur

Foto. Istimewa.

Oleh. Ilham
Selasa 4 April 2023.

LOMBOK BARAT, WartaBumigora -- Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Lombok Barat dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan kembali melakukan langkah strategis untuk menjaga inflasi dan stabilitas harga menjelang hari hari besar keagamaan. Salah satunya adalah Gelar Pangan Murah atau Bazar Pangan Murah yang diselenggarakan di 10 Kecamatan di Lombok Barat saat ramadahan dan jelang Idul Fitri 1444 H. Kegiatan Bazar Pangan Murah ini diawali di Kecamatan Lembar yang dipusatkan di Kantor Desa Sekotong Timur Kecamatan Lembar, Lombok Barat, Senin, 3 April 2023.

Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten II Setda Lombok Barat Rusditah, S.Sos, Kepala Dinas Ketahanan Pengan Lombok Barat Damayanti Widyaningrum, Kepala Bagiab Ekonomi Setda Lobar Agus Rahmat Hidayat dan Camat Lembar. Ditemui saat kegiatan Asisten II Setda Lombok Barat Rusditah, S.Sos mengatakan bahwa kegiatan Bazar Pangan Murah ini dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi dan menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan strategis di Kabupaten Lombok Barat. Hal ini sebagai upaya nyata Pemda Lombok Barat dalam hal ini TPID untuk mengendalikan inflasi harga. Menurutnya menjelang dan saat hari hari besar keagamaan sering kali terjadi  inflasi yang disebabkan oleh kenaikan harga dan tingginya permintaan.

 "Tentu kegiatan ini merupakan langkah nyata Pemkab Lobar dalam hal ini TPID untuk menjaga stabilitas harga pangan agar terjangkau di masyarakat. Selain itu ini juga untuk mengendalikan inflasi di Lombok Barat," ujarnya. 

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Damayanti Widyaningrum mengatakan bahwa kegiatan Gerakan Pangan Murah atau Bazar Pangan Murah ini dilaksanakan untuk memberikan akses bagi masyarakat untuk mendapatkan pangan dengan harga yang terjangkau. Hal ini tentu sangat dibutuhkan oleh masyarakat terutama saat bulan ramadhan dan jelang hari raya idul fitri. Ia berharap agar kegiatan Bazar Pangan Murah ini dapat membantu dan memudahkan masyarakat dalam memperoleh pangan dengan harga yang terjangkau. Ia juga mengatakan bahwa kegiatan ini untuk mengantisipasi inflasi di Kabupaten Lombok Barat. 

"Gerakan Pangan Murah atau Bazar Pangan Murah ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sehingga masyarakat dapat mengakses pangan dengan harga terjangkau," ujarnya. 

Damayanti menambahkan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan secara bergilir di 10 Kecamatan di Lombok Barat. Untuk kegiatan pertama hari ini diselenggarakan di Kantor Desa Sekotong Timur, Kecamatan Lembar. Ia mengatakan di setiap kecamatan jumlah atau target pendistribusian pangan sebanyak 2000 kg yang terdiri dari berbagai komoditas pangan yang dibutuhkan oleh warga. Adapun komoditas tersebut seperti beras, sayur sayuran, Cabe, Bawang, kacang kacangan serta pangan lainnya. "Kami berharap bazar pangan murah ini dapat menjaga Stabilitas harga di Lobar" ujarnya. 

Setelah dari kecamatan lembar Bazar Pangan Murah di minggu pertama bulan april yaitu tanggal 4 hingga  6 april diselenggarakan masing masing akan diselenggarakan di kecamatan Sekotong, Kecamatan Kuripan, Kecamatan kediri. Sementara untuk minggu kedua dari tanggal 10 April hingga 14 april masing masing akan dilaksanakan di kecamatan 

Labuapi,  Lingsar, Narmada, Batu Layar, dan Gunungsari. Sementara untuk minggu ketiga yaitu tanggal 17/18 April akan dilaksanakan di Kecamatan Gerung. Kegiatan ini juga rencananya akan di didukung oleh pihak seperti Bulog Drive NTB, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perindag, Dinas Koperasi dan UKM, dan Dinas Pertanian. 

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar