SPACE IKLAN

header ads

26 tahun refleksi Mega - Bintang "Rakyat Bertanya Kapan People Power...?"

Foto. Istimewa.

Oleh. Mell
Kamis 25 Mei 2023.

JAKARTA, WartaBumigora - Di Solo, kuningisasi dilawan dengan putihisasi yang diinisiasi Mudrick Sangidoe, ketua DPC Partai Politik Pembangunan (PPP). Caranya dengan memutihkan fasilitas umum dan marka jalan yang sebelumnya dicat kuning oleh pemerintah setempat. DPC PPP bahkan menggugat Gubernur Soewardi ke Pengadilan Tata Usaha Negara. Keberanian Mudrick mendapatkan simpati dari pendukung Mega. Salah satunya Tomo Ngadimo, salah satu pendukung Mega. Aliansi yang kemudian dikenal sebagai Mega-Bintang pun dicetuskan di Solo pada 27 April 1997 atau tepat pada hari pertama masa kampanye.

Aliansi ini bersifat sementara serta jangka pendek, Mega-Bintang jadi fenomena. Dari Solo, gemuruh Mega-Bintang menyebar ke daerah lain. Dalam arak-arakan dan konvoi selama kampanye, massa mengenakan dan membawa atribut warna merah-hijau serta poster dan spanduk bertuliskan “Mega-Bintang” atau gambar Megawati dan Ketua Umum PPP Ismail Hasan Metareum. Di beberapa daerah terjadi bentrok pendukung Mega-Bintang dengan pendukung PDI Soerjadi maupun Golkar.

Melihat perkembangan itu, Mudrick kemudian melaporkan bukan saja kepada Hasan Metareum tapi juga Megawati. Pertemuan dengan Mega terjadi di Kebagusan pada 6 Mei 1997.

Kendati tak ada koalisi resmi, fenomena Mega-Bintang bikin pemerintah cemas. Penggunaan spanduk “Mega-Bintang” kemudian dilarang dalam kampanye.

Tidak terasa Mega Bintang ini sudah berjalan selama 26 Tahun, gerakan yang diinisiasi oleh Mudrick. M. Sangidoe terus bermetamorfosa dan bertransformasi mengikuti perkembangan zaman. Melihat perkembangan demokrasi yang dirasakan pada saat ini mengarah pada liberalisme, komunisme bahkan otoriterisme yang jauh dari pandangan Demokrasi Pancasila sebagai nafas perjuangan bangsa Indonesia digelarlah Diskusi publik dalam rangka : 

HUT MEGA BINTANG KE 26 TAHUN 2023 dengan Tema : Rakyat Bertanya Kapan People Power ? 

Yang diselenggarakan pada :

Hari/Tanggal : Ahad, 11 Juni 2023

Jam : 09.00 WIB - Selesai

Tempat : Gedung Umat Islam Surakarta, Jl. Kartopuran No. 241A Jayengan Kec. Serengan Kota Surakarta

InsyaAllah akan hadir sebagai Pembicara :

1. Prof. DR. Amin Rais.

2. Jendral TNI (Purn) Gatot Nurmantyo 

3. dr. Hariman Siregar 

4. DR. Syahganda Nainggolan 

5. Ir. Jumhur Hidayat 

6. KH. Syukri Fadholi 

7. Habil Marati

8. DR. M. Taufiq SH. MH. 

9. Andrianto Andri 

10. Ahmad Khozinuddin

Selaku Ketua Panitia Rus Utaryono SH. MKn.

Saat dihubungi rekan media, panitia sudah mengkonfirmasi bahwa acara ini terbuka untuk umum dan beberapa kampus di Solo raya hadir pada HUT Mega Bintang dalam acara diskusi publik.


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar