SPACE IKLAN

header ads

*Caleg DPRD Ini Siap Buatkan Agrowisata untuk Petani dan Peternak Sapi*



Foto. Istimewa

Oleh. Nkmn
Minggu 10 Juni 2023.



DOMPU, WartaBumigora -- Calon Legislatif (Caleg)DPRD Dapil IV Manggelewa dan Kilo - Kabupaten Dompu, Sri Winarni Anas mengajak diskusi para petani jagung dan peternak sapi di kawasan Kilo, dan Manggelewa yang merupakan basis penghasil komoditi pertanian terbesar, Kabupaten Dompu, Minggu (11/6/2023) siang acara di gelar secara kekeluargaan.

Dalam acara ini, Mbak Sri, sapaan akrabnya, mengajak petani jagung palawija dan peternak sapi berdiskusi. Banyak hal yang dibahas dalam pertemuan kali ini. Secara seksama, Mbak Sri memperhatikan usulan dan keluhan dari masyarakat di sini.

"Kami sebagai petani jagung, ingin wakil rakyat membantu menunjang harga jagung dan menjamin ketersediaan stock pupuk bersubsidi plus bibit yang berkwalitas serta berlabel. Kami, sebagai petani sedikit resah, karena besar pasak daripada tiang. Kami besar pengeluaran daripada pendapatan. Kalau perlu, ada solusi buat kami," katanya.

Mbak Sri menjelaskan, pihaknya sudah mencatat semua aspirasi petani dan peternak. Ia menyampaikan, pihaknya akan menyiapkan segala cara agar aspirasi masyarakat ini bisa tersampaikan dan terpecahkan.

"Kalau kami ditakdirkan jadi anggota DPRD Kabupaten Dompu, kami akan memperjuangkan nasib para petani dan pelaku UMKM, kami akan mengakomidir dan mencarikan cara agar teman - teman petani ini bisa sejahtera dan ada harapan. Harga jagungnya bisa tinggi dan petani tidak merugi," katanya usai kegiatan.

Kaki Tangan Aji Rudi Mbojo Anggota DPR RI tiga periode saat ini duduk wakili NTB 1 itu sangat dipakai dan dipercaya Partai PAN ini juga mengaku sudah memiliki cara untuk membantu meningkatkan kesejahteraan petani dan peternak. Ia berencana akan membuat sentra agrowisata yang didalamnya bisa digunakan untuk petani dan peternak berjualan.

"Dari pertemuan ini, kami sudah menyepakati bersama kalau nanti akan dibuat agrobisnis dan agrowisata di sini. Harapannya, dengan wadah ini, petani dan peternak bisa mengembangkan usahanya dan menggerakkan ekonomi kerakyatan," jelasnya.

Menurut dia, salah satu misinya menjadi anggota DPRD Kabupaten Dompu adalah membantu mendongkrak perekonomian masyarakat, khususnya yang ada di dapil ini. Ia mengaku, sentra agrobisnis dan agrowisata ini mampu menampung semua potensi yang ada di sini.

"Jadi mereka tidak hanya andalkan jagung tapi juga berjualan komoditi lainnya atau hasil alam lainnya. Mereka juga bisa mengolahnya menjadi sebuah olahan makanan atau minuman yang memiliki daya jual tinggi. Tentunya sebelum berjalan, kami akan bekali pelatihan untuk pedagang agar bisa mengolah hasil pertanian dan peternakannya ini," imbuhnya.
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar