SPACE IKLAN

header ads

Peduli Banjir Lunyuk, Partai Moncong Putih NTB Gelontorkan Sejumlah Bantuan untuk Sumbawa

 

Foto. Istimewa

Oleh. NKMN
Rabu, 12 Juli 2023
Editor. BQ Nining

SUMBAWA,WartaBumigora - Tak lama setelah terjadi Banjir bandang yang menimpa dua Desa di Kecamatan Lunyuk (7/7/2023) lalu, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq SH bersama Pengurus dan Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Sumbawa berkunjung ke lokasi banjir Desa Suka Maju dan Desa Emang Lestari Kecamatan Lunyuk Selasa (11/7/2023) 

Hadir dalam rombongan "Peduli Korban Banjir Kecamatan Lunyuk DPD PDI Perjuangan NTB, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumbawa " tersebut, Ketua dan Anggota Fraksi PDI Perjuangan Gitta Liesbano SH.M.Kn, Dra.Saidatul Kamila Djibril, Hj Jamila SPd.SD, I Nyoman Wisma beserta Pengurus DPC, PAC Kecamatan Lunyuk, Satgas dan Baruna PDIP Sumbawa.

Setiba di Desa Suka Maju, Kepala Desa I Wayan Teguh SH menyampaikan rasa terimakasih atas kedatangan rombongan Peduli Korban Banjir Kecamatan Lunyuk dan Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumbawa.

"Kami sangat apresiasi kehadiran Ketua DPRD dan Anggota Fraksi PDI Perjuangan, yang membawa bantuan bagi warga Kami. Mewakili warga kami ucapkan terimakasih" Ucap Wayan.

Kemudian lanjut Wayan. Banjir yang menimpa warga ini menimbulkan kerugian material dan non material.Petani yang belum panen jagung rusak dihantam Banjir, Pupuk yang disiapkan juga rusak dan sumur warga foto terendam air banjir, sehingga perlu juga diberikan solusi jangka panjang karena setiap hujan kami selalu khawatir. Solusi yang diharapkan bukan hanya penghijauan hutan, tapi juga mengatasi sedimentasi dua Kokar (Sungai kecil) yang melewati desa sepanjang 1. 6 km.

"Dibutuhkan Normalisasi Kokar sepanjang 1.6 KM dengan kedalaman 5 meter dan juga bronjong. Dan solusi jangka pendek perlu mesin penyedot air untuk menormalkan air sumur " Ucap Wayan.

Atas hal ini Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq akan menindaklanjuti harapan Desa dan warga kepada Pemerintah daerah. 


"Kami melihat warga telah dan juga sedang melakukan bersih - bersih rumah, untuk kebutuhan mendesak dan prioritas perlu segera disikapi. Bantuan Sembako yang kami bawa semoga bermanfaat bagi warga. Kemudian untuk hal lain kita infentarisir dan berikan attensi agar dapat diangggarkan dalam APBD' Ucap Rafiq.

Demikian pula rombongan mengunjungi Desa Emang Lestari lokasi Banjir lainnya. Rombongan di terima oleh Kepala Desa Deni Murdani SP bersama jajaran dan Warga.

"Terima kasih atas bantuan yang diberikan, Kehadiran Ketua DPRD Sumbawa dan Rombongan menjadi semangat bagi kami dan warga"

Kades Emang Lestari juga menyampaikan permasalahan pasca banjir, dan berharap ada solusi.

"Hari ini bersama fraksi datang bawa bantuan semangat yang/terbangun adalah semangat kepedulian. Jadi siapapun itu masyarakat kita kami dengan segala kemampuan yang ada berusaha memberikan. Tidak hanya di lunyuk, termasuk di KSB kemarin atas nama kemanusiaan. Yang kami bawa tidak seberapa untuk kebutuhan sembako masyarakat, semoga bermanfaat bagi warga" Ucap Rafiq.  

"Kami juga ingin mengetuk hati dermawan lainnya sehingga membantu kesulitan Warga" Imbuh Rafiq.

Kemudian lanjut Ketua DPRD, terhadap penyebab banjir, yang disebutkan menjadi langganan setiap tahunnya, insya Allah kami akan mengambil langkah -langkah jangka pendek dan jangka panjang. Kami akan infentatisir dengan Pemerintah daerah. "Pak Nyoman Wisma selaku wakil rakyat di Kecamatan Lunyuk memberikan attensi atas kesulitan dan kebutuhan warga" tegasnya.

Masih kata Rafiq. Jika ini dapat teratasi diharapkan masyarakat tidak lagi galau. Musibah memang tidak ada yang tahu kapan datangnya, kita wajib bersabar jika menimpa dan ikhtiar mengatasi secara aktif juga penting seperyi menjaga hutan, menormalisasi sungai, kokar,bronjong dan sebagainya. 

"Kami akan mencoba sesuai dengan kemampuan. Disini juga ada anggota DPRD lainnya untuk membantu menyuarakan termasuk Pompa sedot untuk menyedot air sumur agar bersih kembali" Tutupnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar