SPACE IKLAN

header ads

Bupati dan Ketua DPRD Sumbawa Makan Bareng

Foto. Istimewa.

Oleh. HR.
Selasa, 15 Agustus 2023.
Editor, BQ. Nining.

SUMBAWA, WartaBumigora -Dalam rangka mempererat silaturrahmi dan melestarikan budaya lokal, masyarakat Desa Tatede, Kecamatan Lopok, Kabupaten Sumbawa Selasa (15/08) menggelar acara adat istiadat yang dikemas dengan “Mangan Barema” yang diawali dengan Nuja Rame itu dihadiri Bupati Sumbawa Drs H.Mahmud Abdullah didampingi Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq SH dan sejumlah pimpinan OPD dan anggota DPRD Sumbawa dan para undangan lainnya.

Setiap tahun acara mangan rame ini digelar secara konsisten yang diikuti seluruh warga Desa Tatede yang berasal dari empat Dusun, sehingga membuat suasana semarak dengan nuansa pedesaan yang alami.

Acara Mangan Barema di Desa Tatede tahun ini mengangkat tema “Memperkuat Silaturrahim dan Melestarikan Budaya Lokal, Menuju Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban.

"  Dan Mangan Barema ini dijadikan adat istiadat tahunan masyarakat Tatede dan sekaligus wujud rasa syukur masyarakat setempat atas melimpahnya hasil panen,"ungkap

Kepala Desa Tatede Subadri.

“Kegiatan Mangan Barema ini merupakan bentuk ucapan syukur kita masyarakat Desa Tatede atas nikmat hasil panen yang Alhamdulillah cukup baik diberikan oleh Allah SWT,” kata Kades Subadri.

Camat Lopok Drs Kamaruddin mengucapkan terimakasih atas kehadiran tamu undangan yang telah berkesempatan hadir pada kegiatan Budaya tahunan Desa Tatede, dimana Desa Tatede ini sudah menjadi Desa Budaya dan kegiatan Mangan Barema ini akan tetap digelar setiap tahun serta anggarannya telah dianggarkan di APBDes Desa Tatede, ujarnya.

Camat Lopok juga berharap agar Desa Tatede ini tetap mendapat support dan dukungan dalam melestarikan Budaya Lokal dari semua pihak, baik DPRD, Pemerintah Daerah dan juga masyarakat.

Ketua DPRD Sumbawa, Abdul Rafiq, SH,. pada kesempatan tersebut mengapresiasi kegiatan tahunan Desa Tatede yang dilaksanakan dalam rangka mensyukuri nikmat hasil panen yang dikemas menjadi Budaya “Mangan Barema”.

“Alhamdulillah, saya pribadi sudah dua kali diundang pada acara Mangan Barema ini, dan Desa Tatede ini sudah di SK kan oleh Bupati sebagai Desa Budaya, dan tentu ini harus kita support baik dari segi anggaran, dan kami mengapresiasi atas kekompakan dan gotong royong warga Desa Tatede dan budaya ini harus tetap dilestarikan, serta kedepan semoga budaya Mangan Barema ini bisa lebih besar lagi dari kegiatan tahun ini, mungkin bisa diundang tamu dari luar Daerah agar Desa Tatede akan lebih dikenal lagi,” tukas Rafiq.

Rafiq juga mengatakan kalau pihaknya dari DPRD.

" Insyaallah akan mensupport dengan membangun balai Desa Tatede dan juga akan mengganggarkan untuk kegiatan yang lebih besar untuk Desa Tatede ini," ujarnya.

Bupati Sumbawa Drs H Mahmud Abdullah juga memberikan dukungannya, dan apa yang telah dilaksanakan oleh Desa Tatede dalam melestarikan Budaya Lokal, sebab kegiatan ini dinilai positif seperti yang dilaksanakan oleh Desa Tatede harus juga dapat diikuti oleh Desa lainnya, 

' Karena itu kepada para Kades harus lebih produktif lagi dalam membangun Desanya dan untuk kemajuan masyarakat di Desa, Pemerintah akan selalu mendukung dan mensupport," ujarnya.

Sedangkan menyangkut soal anggaran kata Bupati Sumbawa, Pemerintah Daerah tidak sendiri dalam hal penganggaran dan disitu ada juga DRPD.

"  Sehingga jika DPRD mendukung dan sudah tentu Pemerintah Daerah juga mendukung, kalau untuk kepentingan masyarakat tidak ada kompromi yang terpenting tidak melanggar aturan," pungkasnya. 

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar