SPACE IKLAN

header ads

Desa Wisata Lembar Selatan Juara 3 Nasional di Ajang ADWI 2023, Anggota DPRD H. Abdul Majid: Jadikan Momentum Untuk Berbenah

Foto. Istimewa

Oleh.WB
Rabu, 30 Agustus 2023
Editor. Bq Nining

LOMBOK BARAT, WartaBumigora - Tidak hanya menorehkan hat-trick masuk  sebagai 50 dan 75 besar dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), tahun ini Kabupaten Lombok Barat (Lobar) bahkan meraih pencapaian sebagai juara ketiga dalam ajang tahunan yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI tersebut.

Jika dua tahun sebelumnya ada Desa Sesaot yang meraih juara 4 dalam kategori Penerapan CHSE dan Desa Buwun Sejati yang meraih juara 5 dalam kategori Desa Wisata Rintisan, tahun ini giliran Desa Lembar Selatan yang menorehkan prestasi sebagai juara 3 ADWI kategori Digital Kreatif.

Hal tersebut diumumkan dalam acara Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 yang dilaksanakan di Theater Tanah Airku TMII Jakarta tadi malam, Minggu lalu (27/8).

Anggota DPRD Lobar H. Abdul Majid saat ditemui, Selasa (29/8) sangat mengapresiasi dan menyampaikan selamat kepada Desa Wisata Lembar Selatan berhasil meraih juara 3 nasional ADWI 2023 kategori Digital Kreatif. 

"Saya selaku Anggota Komisi II DPRD Lobar yang membidangi kepariwisataan dan saya secara pribadi selaku pelaku dan penggiat pariwisata mengapresiasi dari kerja semua elemen dan semua pihak sehingga Desa Wisata Lembar Selatan bisa ditetapkan menjadi juara 3 Nasional ADWI 2023 kategori Digital Kreatif," katanya. 

Di samping itu juga, menurut anggota dewan ini, dari total 7.276 Desa Wisata di Indonesia dan tahun ini terjaring 4.573 Desa Wisata yang mendaftar di ajang ADWI 2023. Setelah melalui seleksi dan di profil lama oleh Kemenparekraf RI ditetapkan 500 desa wisata. Kemudian selanjutnya kata dia, diseleksi lagi menjadi 50 dan 75 besar dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) terbaik dilevelnya masing-masing. 

"Kita angkat topi dengan perolehan ini, tentu dengan keterlibatan dan sinergi para pihak, baik Dispar Provinsi NTB, Dispar Kab. Lombok Barat, Pemdes Lembar Selatan dan Jajaran, Pokdarwis dan tentunya masyarakat Lembar Selatan secara luas, langkah sinergis yang merupakan sebuah keniscayaan untuk dielaborasi menuju kolaborAKSI," ujarnya.  

Tidak cukup hanya itu, Pria Asal Lemer Sekotong ini juga menekankan bagaiamana peraihan ADWI 2023 ini menjandi momentum atau starting poin untuk para pihak semakin berbenah, terus berkreasi, berinovasi sebagai framing tepat Gerak cepat (Gercep), Gerak bersama (Gerber) dan Garap semua potensi yang ada (Gaspol), sehingga nanti kedepannya akan bisa menyabet predikat yang lebih dari pada apa yang sudah diraih hari ini. 

"Saya berharap dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten akan lebih memperhatikan seluruh Desa yang ada di Kab. Lombok Barat, khususnya Desa Wisata Lembar Selatan.

Hal lain adalah pentingnya sinergi antar Kementrian, seperti yang saya bahasakan saat penilaian waktu itu,  kepada Bapak Dirjen Kemenparekraf RI dan Bapak Sangtu Subaya selaku Dewan Juri ADWI. Contoh real adalah bagaiamana para tamu Kapal Pesiar yang sandar di Pelabuhan Gili Mas Lembar akan mengarahkan tamu tamunya untuk mendatangi kawasan wisata Pantai Cemare Desa Wisata Lembar Selatan.

Anggota DPRD Fraksi PPP ini juga menyoroti jembatan penghubung pantai cemare yang sedang viral, pihaknya sudah tiga kali rapat bersama para OPD leading sektor guna membahas solusi baik jangka pendek dan panjang.

"Panjangnya berarti jembatan yang permanen, kalau pendeknya ya bagaimana  jembatan itu bisa dilalui saat ini, sehingga arus lalu lintas tidak stag dan pemasalahan ini terus kita bahas, sampai kami mengundang Pak Camat, Pak Kades bahkan Kadus setempat," jelasnya. 

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Lobar H. M. Fajar Taufik menyampaikan rasa syukur atas prestasi yang dicapai Desa Wisata Lembar Selatan dalam ajang ADWI tahun ini.

"Alhamdulillah Desa Wisata yg ada di Lombok Barat 3 Tahun berturut-turut mendapat Anugerah Desa Wisata Infonesia Tahun 2021, 2022 dan 2023," ucap Taufik.

Ia berharap pencapaian yang diraih Desa Wisata Lembar Selatan ini bisa menjadi pemicu bagi desa wisata lainnya yg ada di Lombok Barat untuk terus mengembangkan potensi yg dimiliki.

"Kita harap desa lainnya juga bisa lebih mempromosikan desa mereka sehingga wisatawan akan semakin banyak datang dan berkunjung ke Desa Wisata yg ada di Lombok Barat," harapnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar