SPACE IKLAN

header ads

Varian Bintoro Lepas Peserta Raimuna Nasional XII Kontingen Pramuka Sumbawa 2023

Foto. Istimewa

Oleh, HR
Rabu, 9 Agustus 2023
Editor. Bq Nining

SUMBAWA, WartaBumigora - Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Sumbawa H. Varian Bintoro, S.Sos., M.Si secara resmi melepas Kontingen Gerakan Pramuka Sumbawa mengikuti Raimuna Nasional XII tahun 2023, dengan

prosesi pelepasan dilakukan di Aula Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Rabu (09/08).

Peserta akan mengikuti Raimuna Nasional di Bumi Perkemahan Cibubur-Jakarta selama 14-21 Agustus 2023. Sebagai ajang pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega usia 16-25 Tahun dari seluruh Indonesia, dan peserta Kontingen dari Kabupaten Sumbawa keseluruhan berjumlah 33 orang,  terdiri dari 16 orang Putra, 16 Orang Putri dan 1 Pembina Pendamping.

Pada kesempatan itu, Ketua Kwartir Ranting Sumbawa, Kak Sandi, S.Pd melaporkan bahwa kegiatan Raimuna Nasional adalah kegiatan yang paling bergengsi di bandingkan kegiatan penegak dan pandega yang lainnya,  karena satu-satunya kegiatan yang sifatnya berjenjang dalam golongan penegak dan pandega dalam hal ini pangkalan gugus depannya berada di SMA, SMK, MA dan Perguruan Tinggi.

Kak Sandi juga menjelaskan arti Raimuna berasal dari kata Ambai, Kabupaten Yapen, Papua, dan Raimuna terdiri dari dua kata, yaitu “Rai” yang berarti sekelompok orang yang berkumpul untuk tujuan tertentu yang telah di tetapkan bersama, dan “Muna” yang berarti daya kekuatan jiwa seseorang yang mempengaruhi baik dalam mencapai kesuksesan.

Asisten I Pemerintahan dan Kesra Setda Sumbawa H. Varian Bintoro dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada seluruh peserta yang terpilih mengikuti kegiatan Pramuka berskala Nasional.

Raimuna nasional ke XII Tahun 2023 adalah momen bersejarah yang akan menjadi pengalaman dan kesempatan berharga dalam perjalanan adik-adik sekalian sebagai Anggota Pramuka untuk bisa menunjukkan, baik itu keterampilan maupun juga kemampuan, individu maupun juga kelompok.

Asisten I juga mengingatkan delegasi Sumbawa untuk membawa nama baik, citra dan wajah Pramuka Sumbawa di kancah Nasional, dan berharap, sebagai duta Pramuka Sumbawa, peserta dapat menunjukan Pramuka yang memiliki kepribadian yang kuat, berakhlak mulia, jiwa patriotik, taat hukum, disiplin, dan menghormati nilai-nilai luhur bangsa.

“Jadilah agen perubahan untuk Sumbawa setelah kembali dari Raimuna Nasional”, tukas Varian. 

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar