SPACE IKLAN

header ads

35 Murid TPQ Nurul Qur'an Sedau Khataman Al-Qur'an Metode Qiroati

Foto. puluhan Santri TPQ Nurul Qur'an Sedau Narmada khataman Al-Qur'an metode Qiroati.

Oleh. ll
Jumat, 15 September 2023.
Editor, Lalu Muhasan.

LOMBOK BARAT, WartaBumigora -- 
TPQ Nurul Qur'an Dusun Sedau, Desa Sedau Kecamatan Narmada Lombok Barat menggelar khataman Al Qur'an para santri dan santriwatinya, Kamis (14/9). Sebanyak 35 santri khatam  Al-Qur'an menggunakan metode Qiroati atau metode belajar membaca dan menulis Al-Qur'an dengan prinsip tartil dengan memperhatikan kaidah ilmu tajwid. Dan peserta pun langsung diuji publik, untuk mengetahui kefasihan dalam membaca Alquran dengan tajwidnya. 

Dan diantara puluhan santri itu, ada yang sudah khatam Al-Qur'an 10 kali, dan terbanyak 19 kali. Hadir pada kesempatan itu, Pimpinan Ketua Yayasan TGH Sahri Ramadhan, Kepala TPQ Ustadz Jayadi, Korcam Ustadz Kamaluddin dan segenap pengajar di TPQ tersebut. Acara ini juga dihadiri hampir 1000 orang dari kalangan orang tua, wali santri serta jama'ah. Kegiatan diisi sambutan-sambutan, mulai dari ketua TPQ, Pengurus Cabang Abuya Habib Abdul Azis Bin Agil, dan Ketua panitia acara, Ahmad Arianto. 

Dalam kesempatan itu, Ketua Pantia acara menjelaskan, peserta khataman Al Qur'an kali ini sebanyak 35 santri, dengan tamu undangan dari kalangan orang tua santri, jama'ah dan tamu lainnya hampir 1000 orang. "Jumlah santri khataman 35 peserta,"sebut dia. Para peserta yang Khataman Alquran, ada yang sudah 10 kali, hingga 19 kali Khatam Al Qur'an. TPQ ini sendiri fokus pada pembelajaran Al-Qur'an menggunakan metode Qorati. 

Ketua TPQ menyebutkan, bahwa usia TPQ ini sudah memasuki 7 tahun. Dan saat ini, jumlah keseluruhan murid di TPQ itu sekitar 300 santri dengan jumlah gurunya sebanyak 30 orang. Dalam belajar Alquran di TPQ ini, santri masuk dua kali sehari pagi dan sore. TPQ pagi sekitar 40 santri, sedangkan sore sekitar 216. Dan rata-rata kisaran usia mulai di TPQ ini dari 4 tahun 6 bulan. Sedangkan sisanya santri pra PTPT dan PTPT. 

Murid di TPQ ini tidak saja dari Daerah sekitar, namun banyak juga dari daerah luar seperti Loteng. 

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar