SPACE IKLAN

header ads

"Jango Partai" Hari Ini Giliran Partai Demokrat Didatangi Bawaslu

Foto. Ilustrasi.

Oleh. HR.
Jumat, 29 September 2023.
Editor, Lalu Muhasan.

SUMBAWA,WartaBumigora - Partai Demokrat Kabupaten Sumbawa hari ini mendapat kunjungan dari Bawaslu Kabupaten Sumbawa. Kunjungan tersebut dinamakan "Jango Partai" Ketua Bawaslu Kabupaten Sumbawa Arnan Jurami didampingi tiga orang komisioner lainnya, 

Mengatakan bahwa "Jango Partai"  yang intens dilaksanakan ini dalam rangka menjalin silaturahim untuk menyamakan persepsi guna menyukseskan Pemilu 2024. Pada silaturahim ini, Bawaslu mengingatkan tentang aturan dan tahapan Pemilu. Salah satunya adalah PKPU No. 15 Tahun 2023 yang mengatur tentang kampanye pemilihan umum. Berdasarkan laporan masyarakat dan fakta di lapangan bahwa marak pemasangan baliho Caleg yang berkonten kampanye. Padahal saat ini belum memasuki masa kampanye. Caleg melalui balihonya menunjukkan citra diri dengan mencantumkan foto dan nomor urut. Ada juga berkonten ajakan, penyampaikan visi misi dan lainnya. 

“Kami banyak menerima laporan masyarakat terkait pemasangan alat peraga sosialisasi (APS) ataupun alat peraga kampanye (APK) ini. Dari sisi regulasi ini termasuk pelanggaran. Namun saat ini Bawaslu belum bisa melakukan tindakan penertiban,” kata Arnes, sapaan akrabnya.


Untuk penertibannya, sambung Arnes, menjadi ranah Pemda Sumbawa melalui Satpol PP dengan perangkat Perdanya apabila menemukan pemasangan baliho berada di titik-titik yang dilarang, maupun dianggap mengganggu estika kota dan ketertiban umum masyarakat. 

Untuk diketahui, Jango Parpol ini berlangsung di Bale Pemenangan Partai Demokrat  jalan Pacuan kuda nomor 14 Desa Uma beringin Kecamatan Unter Iwis berlangsung dinamis. Banyak masukan pengurus dan para Caleg partai tersebut yang disampaikan kepada Bawaslu. Di antaranya meminta Bawaslu intensif melakukan pengawasan melekat terhadap praktek money politic, dan ASN yang terlibat politik praktis. 

Menjawab hal itu, Arnes menegaskan akan memaksimalkan pengawasan, di samping dukungan masyarakat dalam memberikan informasi maupun pengaduan terhadap adanya praktek money politic. Untuk pencegahan keterlibatan ASN dalam politik praktis, Bawaslu telah meminta Pemda Sumbawa membentuk tim pengawasan internal, di samping pengawasan yang dilakukan jajarannya. 

“Jangankan memberikan dukungan langsung kepada para caleg ataupun parpol tertentu, ASN foto dengan Caleg, bahkan mengomentari ataupun meng-like status Caleg di media social, juga dilarang keras,” timpal Ubaidillah. 

Sebelumnya Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sumbawa,  Budi Kurniawan didampingi Sekretaris, Hafifuddin  menyambut positif kegiatan Jango Parpol yang dilakukan Bawaslu Sumbawa. Ia berharap dengan kepengurusan baru, Bawaslu dapat melakukan pengawasan secara maksimal dan tidak bertindak di luar atau yang belum menjadi kewenangannya.

Selain itu juga Budi juga siap menerima usul dan saran Bawaslu Kabupaten Sumbawa. 

"Kami terbuka, dan kami siap menerima usul saran dan kritik dari Bawaslu dari DPC, PAC, Ranting hingga anak ranting, " pangkasnya. 

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar