SPACE IKLAN

header ads

Ribuan Santri Hadiri Ratiban Akbar dan Silaturahim Alumni Al-Islahuddiny Di Lombok Timur

Foto. Istimewa. 

Oleh. Dvd. 
Sabtu 2 September 2023.
Editor, Lalu

LOMBOK TIMUR,WartaBumigora-Suasana Ratiban Akbar Alumni Ponpes Al-Islahuddiny Kediri Lombok Barat yang berasal dari Lombok Timur menggelar Ratiban Akbar dan Silaturahim Alumni Lintas Angkatan. Kegiatan yang dipusatkan di Pendopo Bupati Lombok Timur, Sabtu (02/09/2023) ini diikuti ribuan Alumni dari berbagai angkatan.

Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Pimpinan Ponpes Al-Islahuddiny Kediri, DR. TGH. Muchlis Ibrahim termasuk juga Bupati Lombok Timur HM. Sukiman Azmy selaku tuan rumah. 

Ketua Panitia, Ustad Abdul Hayyi Zakaria menyampaikan, pelaksanaan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengokohkan tali silaturahmi antar Alumni dan merawat hubungan baik dengan Almamater. Kegiatan ini pun baru pertama kali digelar di Kabupaten Lombok Timur.

"Melalui kegiatan ini tentunya kita berharap para alumni bisa lebih solid dan lebih percaya diri untuk tampil di tengah-tengah masyarakat dalam rangka memberikan kontribusi nyata untuk kemajuan Agama, Bangsa dan Negara, khususnya daerah tercinta Bumi Patuh Karya Lombok Timur," ujar Ustad Hayyi.

Lanjut Ustad Hayyi, Ratiban Akbar dan Silaturahim Alumni juga untuk menjaga warisan mulia yang diwariskan guru-guru kita yaitu sebagai azimat ratib Al-Athos. 

"Ratiban ini juga menyambung tali spiritualitas, bukan saja sesama Alumni tapi hingga guru-guru kita yang sudah meninggal dunia," tukasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengarah IKA ISHLAH Lombok Timur, TGH Fauzan Zakaria Amin menyampaikan kebanggaannya menjadi Alumni Al-Islahuddiny. Selama enam tahun menjadi santri di Ponpes Al-Islahuddiny Kediri, begitu banyak ilmu yang dapat dicapai sehingga menjadi bekal mrlanjutkan sekolah ke Al-Azhar Kairo Mesir, termasuk dalam menjalani kehidupan bermasyarakat. 

"Yang paling saya ingat, sewaktu saya pergi ke Mesir dengan Visa Pelancong, saya sempat ditahan oleh Polisi dan terancam akan dideportasi. Tapi syukur Alhamdulillah, karena di tas saya ada sertifikat hafal Al-Quran dari Islahuddiny, saya akhirnya diberikan sekolah di Al-Azhar dengan beasiswa," katanya mengulas tahun 1999 silam.

Acara Ratiban Akbar dan Silaturahim Alumni Ponpes Al-Ishlahuddiny ini juga kata Tuan Guru Fauzan (TGF), sebagai bentuk tanggungjawab sebagai Alumni. Dimana sejak lulus dari Ponpes Al-Ishlahuddiny, belum pernah terselenggara Ratiban Akbar sekaligus Silaturahim Alumni Lintas Angkatan seperti saat ini.

"Enam tahun nyantri di Islahuddiny, apa yang engkau sudah perbuat? Nah inilah salah satunya yang kita perbuat, ratiban bersama semua Alumni," jelas Mudir'am Ponpes Al-Madani Mamben Lauq itu.

"Amalkanlah Al-Quran, maka Al-Quran akan mengangkat siapa saja orang yang memuliakannya," pesannya mengakhiri sambutan. 

TGH Muchlis Ibrahim yang hadir dalam acara Silaturahim sekaligus Pengukuhan Ikatan AlumniAl-Islahuddiny (IKA ISHLAH) Lombok Timur mengaku sangat bangga dengan kekompakan semua Alumni Al-Islahuddiny, khususnya di Kabupaten Lombok Timur. Terlebih acara ini didukung penuh oleh Bupati dan Pemda Lombok Timur. 

"Saya bangga, hubungan antara Alumni dan Pemda Lombok Timur itu sangat baik," katanya sembari tersenyum manis.

Di satu sisi, TGH Muchlis Ibrahim juga menyampaikan pesan kepada semua Alumni agar tetap kompak dan solid. Terlebih jelang tahun politik 2024 mendatang. 

"Saya yakin alumni-alumni ini berbeda aliran politik dan parpol. Jadi saya pesan jangan tercerai berai, mari kita solid dan saling mendukung," serunya.

Begitu pun yang diungkapkan Bupati Lombok Timur, HM. Sukiman Azmy. Baginya para Alumni Al-Islahuddiny sangat luar biasa. 

"Ada alumni yang jadi kawan diskusi saya, jadi kawan curhat saya, ada guru saya, ada dosen saya. Semua lengkap dari sesepuh tokoh masyarakat sampai rekan kerja," katanya.

Bupati juga mengucapkan selamat atas pengukuhan IKA ISHLAH Lombok Timur. Baginya pengukuhan ini sebagai pintu gerbang untuk pertemuan-pertemuan yang lebih besar berikutnya. 

"Apa yang kita impian itu harus berhasil. Kuncinya utuh, kompak, bersatu. Apalagi dalam IKA ISHLAH Lombok Timur ini terdapat para calon wakil rakyat yang harus kita saling dukung," paparnya.

Jika pun ada yang anggota IKA ISHLAH Lombok Timur yang berhasil kata Bupati, itu justru yang akan membantu kita. Baik membantu dalam menyampaikan aspirasi sebagai masyarakat, tempat curhat moril maupun materil.

"Politik itu harus sejalan dengan agama. Jangan beranggapan politik no, agama yes. Keduanya harus beriringan," pesannya.


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar