SPACE IKLAN

header ads

109 Mahasiswa STKIP Bima Di Wisuda: Meraih Keunggula Untuk Membangun Kemandirian.

Foto. Istimewa.

Oleh. Eldan
Sabtu, 7 Oktober 2023.
Editor, Lalu Muhasan.

KOTA BIMA,WartaBumigora-Rapat Sebat Terbuka sekaligus Wisuda Sarjana angkatan ke-XXXIV TA. 2022/2023 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima dengan tema" Meraih Keunggula  Untuk Membangun Kemandirian" bertempat di Auditorium H.M.Djafar Amyn

Universitas Nggusuwaru (UNSWA) pada Sabtu, 07 Oktober 2023.

Turut hadir dalam agenda tersebut yakni, Kepala LLDIKTI Wil.8 Bali NTB di wakili oleh Kepala Bag.Umum Bapak Drs. I Wayan Suarjaya, M.A.P, Ketua Dewan Pembina Yayasan PIP Bapak Dr. H. Hamdan Zoelva, S.H., M.H, Anggota Dewan Pembina Bapak H. Aris Muhammad, S.H, Ibu Hj. Nurjana, S.E

Dewan Pengawas Yayasan PIP Bima

Ketua Yayasan PIP Bima Ibu Fitriah Jauhar beserta segenap Pengurus Yayasan PIP Bima

Bupati Bima atau Pejabat yang mewakili

Walikota Bima atau Pejabat yang mewakili

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten dan Kota Bima, Kapolres Bima Kota, Kapolres Bima, Dandim 1608 Bima, Kepala Kejaksaan Negeri Bima, Kepala Pengadilan Bima, Kepala Dinas lingkup Kabupaten dan Kota Bima, Tokoh agama/Alim Ulama Kota dan Kabupaten Bima, Tokoh Masyarakatan Bima, Tokoh wanita Bima, Para Rektor, serta Pimpinan Perguruan Tinggi Bima, Dompu atau yang mewakili Forum PTS Bima Dompu Bapak Firdaus, ST, M.M/Ketua, STIE Bima.

Pembawa Orasi Ilmiah, Prof. Dr. Mohammad Wahid Supriadi (Dubes 2016 – 2020 Untuk Federasi Rusia Merangkap Republik Belarus

Ketua dan Senat STKIP Bima dan Anggota Senat, Para Wakil Rektor dan Ketua Lembaga

Dekan FKIP dan Fakultas Saintekno UNSWA dan serta jajarannya, Para Kepala Biro, Kepala, Badan, Kepala Satuan, dan Kepala UPT, Para , Ketua Program Studi, Para Dosen dan Karyawan, Para Pengururus BEM, DPM, UKM dan Seluruh Mahasiswa Universitas Nggusuwaru. 

Prosesi yang sangat penting bagi keluarga besar STKIP BIMA/UNSWA, yaitu WISUDA tahun Akademik 2022/2023 STKIP Bima mewisuda 109 lulusan Sarjana. Dalam kesempatan ini, saya ingin menyapa para wisudawan/i dari 7 Program Studi yaitu:

Program Studi Bimbingan dan Konseling 

Program Studi Pendidikan Ekonomi

Program Studi Pendidikan Biologi

Program Studi Pendidikan Sosiologi

Program Studi Pendidikan Matematika

Program Studi Pendidikan Kimia 

Program Studi Pendidikan Fisika.

Banyak pelajaran, cerita, dan pengalaman yang tentunya menambah kedewasaan kita dalam mengarungi kehidupan, hari ini bagi para wisudawan/i serta keluarga wisudawan/i tentunya merupakan hari yang sangat istimewa, karena dapat mengikuti prosesi penting dari pencapaian suatu jenjang akademik di perguruan tinggi, untuk itu, Saya atas nama Pimpinan dan Keluarga Besar STKIP BIMA dan atau Universitas Nggusuwaru  yang sesaat lagi akan di diluncurkan, mengucapkan selamat kepada saudara para Wisudawan/i, kepada para orang tua, wali, dan keluarga wisudawan, kami mengucapkan selamat atas keberhasilan yang diraih oleh putra putri atau suami atau istri Bapak/Ibu sekalian. Dengan gelar akademis yang berhasil disandang mereka dan dengan kompetensi yang diraih, kami mengharapkan lulusan STKIP BIMA dapat mengamalkan ilmu yang dimiliki, menapaki karir dan kembali ke tengah masyarakat, serta memberikan kontribusi yang terbaik untuk bangsa dan negara.

Perkenankan saya sebagai Pj Rektor Universitas Nggusuwaru pada kesempatan ini, menyampaikan secuil ide tentang “Meraih Keunggulan untuk Membangun Kemandirian”. Ide ini dicetuskan untuk menggugah hadirin yang mulia bahwa untuk menjadi perguruan tinggi terbaik tidak cukup dengan predikat unggul saja, tetapi perlu diikuti dengan kemandirian universitas. Fondasi kemandirian universitas ini penting, terutama dalam upaya unswa menuju unggul, humanis, dan berdaya saing. Sesuai dengan namanya Nggusuwaru mengandung makna bahwa Dimensi Nggusuwaru memuat tentang ciri kepribadian yang unggul dan mandiri sebagai syarat menjadi seorang pemimpin.

Nggusuwaru tidak hanya dikenal di masyarakat Bima sebagaimana tertuang dalam naskah kuno kerajaan Bima, tetapi makna Nggususuwaru juga telah ditulis dan di aktualisasikan pada Jaman Kerajaan Perlak tahun 840 M dan Kerajaan Kutai tahun 1300 M sebagai ciri kepribadian unggul dan mandiri sebagai syarat menjadi pemimpin atau Raja. Pintu pembuka kemandirian universitas adalah otonomi perguruan tinggi, salah satunya melalui status Perubahan status STKIP Bima dan STT Bima bergabung menjadi Universitas Nggusuwaru. Dengan status ini dituntut mampu mentransformasikan dirinya menjadi smart digital university, innovative and entrepreneurial university, serta menjadi garda terdepan penjaga marwah dan dan kedaulatan bangsa. Untuk mewujudkan kemandirian universitas minimal ada 4 Fokus utama yang harus diperhatikan, yaitu: (1) kesiapan modal identitas/penciri universitas; (2) modal manusia; (3) sumber daya teknologi informasi; dan (4) sumber daya organisasi. Selain itu, perubahan mindset dan mental untuk berubah juga sangatlah penting.

Sejalan dengan VISI untuk menjadi perguruan tinggi yang UNGGUL, HUMANIS dan BERDAYA SAING, STKIP BIMA yang sesaat lagi akan berubah menjadi Unswa dari hari ke hari semakin memantapkan diri dengan berbagai raihan prestasi. Mewakili mereka yang berprestasi dan membawa kebanggaan bagi Almamater STKIP BIMA, Meraih Keunggulan untuk membangun kamendirian".

Ofan Gifana dan Afriadin Sebagai peraih terbaik lomba Soal essay Nasional, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi, ULVA sebagai peserta KKN Internasional Mahasiswa Program studi Pendidikan Matematika, Nurmiati, Juneta Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi, Nurkomariah Peraih terbaik Olimpiade Biologi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi, Ahmad Kadafirman sebagai peraih 2 medali perak pada ajang olimpiade berbasis online Bahasa Indonesia dan Biologi tingkat nasional yang diadakan oleh Global Youth and Peace Education Movement (GYPEM), Vemas Putra Sofyan Program Nasional Kampus Mengajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fitriah Peraih Olimpiade IPA Tingkat Nasional Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia, Mahasiswa Program studi Pendidikan Fisika, semua pencapaian ini patut kita syukuri bersama dan semoga menginspirasi mahasiswa/i lainnya untuk memperoleh prestasi yang lebih baik lagi.

Sebelum menutup pidato ini, saya ingin berpesan kepada para wisudawan bahwa sebuah keberhasilan, selain ditentukan oleh kemampuan akademis, juga ditentukan oleh kedewasaan, perilaku (attitude), kemandirian, dan kerja keras, masyarakat dan bangsa ini menanti kontribusi saudara wisudawan/i. Inilah salah satu amanah kesarjanaan yang kita sandang. 

Selamat berjuang di masyarakat, selamat bekerja keras, selamat berproses menapaki jejak-jejak kehidupan. Jaga selalu almamater STKIP BIMA yang sesaat lagi akan berubah menjadi unswa di manapun kalian berada.

Terima kasih kepada bapak Kepala LLDIKTI Wil.8 Bali NTB/Bapak Kepala Bagian Umum yang telah memberi dukungan dalam berbagai bidang manajemen sehingga STKIP Bima bisa mengatasi permasalahan dan bisa memberi dukungan perubahan status menjadi universitas Nggusuwaru.

Hal senada di sampaikan oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan PIP Bapak Dr. H. Hamdan Zoelva, S.H., M.H, "mari membangun Kampus ini dengan nilai keluhuran budaya dan keislaman. Tanpa itu semua tidak akan tercapai sebuah akhlak serta kualitas pendidikan yang beenilai edukasi", ungkapnya.

"Bagi seluruh masyarakat bima dan dompu pada umumnya, agar bisa menitipkan putra-putrinya di universitas ini, insyaallah kampus memberikan nilai-nilai budaya sebagai basis perkembangan ilmu pengetahuan dan karakter mahasiswa", harap Hamdan.

"Mahasiswa unswa harus memiliki karakter nggusuwaru, motifasi dan ispirasi nilai budaya bima sebagai ciri khas unswa itu sendiri, karena saat ini lembaga pendidikan tinggi harus memiliki khasan yang bernilai budaya dan standar mutu yang sama tentunya", ucapnya.

"Unggul dimiliki oleh semua kampus, namun khas unswa itu sendiri membentuk karakter seorang pemimpin atau mahasiswa dalam pelestarian budaya dan budaya juga sebagai inspirasi inovasi karakter, kepribadian mahasiswa dan seluruh civitas akademika", tutup Hamdan Zoelva.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar