SPACE IKLAN

header ads

Kesbangpol Kota Bima Mempersiapkan Desiminasi Tahapan Pemilu Serentak Pada Tahun 2024.

Foto. Istimewa.

Oleh. Eldan.
Sabtu, 27 Oktober 2023.
Editor, Lalu Muhasan.

KOTA BIMA,Wartabumigora-Dalam rangka meningkatkan kesadaran politik, kualitas demokrasi dan partisipasi politik masyarakat pada penyelenggaraan pemilu serentak di tahun 2024 mendatang, Badan Kesbangpol Kota Bima perlu untuk melaksanakan Diseminasi pemilu serentak nantinya.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mensosialisasikan pelaksanaan pemilu serentak bertujuan demi meningkatkan partisipasi politik masyarakat dalam pesta demokrasi. 

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bima Muhammad Hasyim menjelaskan, "bahwa Kesbangpol Kota Bima saat ini hanya menyelenggarakan tahapan-tahapan pemilu tahun 2023 dalam rangka memberikan daya dukungan untuk pemilihan umum di tahun 2024 yang akan datang", ungkapnya.

"Tahapan-tahapan utama yang akan dilakukan pada tahun 2024 untuk persiapan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bima periode 2024- 2029," ungkap Hasim saat diwawancara oleh sejumlah media diruang kerjanya pada Jum'at, 27 Oktober 2023.

Kata Hasim, indeks simulasi kerawanan pemilu, jika mengacu pada pemilu tahun 2019, Kota Bima berada pada posisi grafik paling rendah.

"Secara nasional indeks kita berada diangka 11,09 porsen kategori terendah," ujar Hasim yang pernah menjabat sebagai Kabag Humas dan Protokol Kota Bima.

Demikian pula indeks kerawanan pemilu, dalam konteks sosial, yakni menyangkut keamanan daerah.

"Tahun 2024 ini, kita sudah memaksimalkan peran dan fungsi keamanan dengan melakukan simulasi penanganan pemilu," terangnya.

Sementara otoritas penyelenggaraan pemilu, menjadi rawan, sebab banyak kepentingan-kepentingan politik.

Termasuk terkait hak pilih, pihak Kesbangpol Kota Bima sedang menfalidkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) tersebut bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Kata ia "Kerawanan selanjutnya yakni, pada tahapan kampanye, mulai dari pelaksanaan pemungutan suara, kemudian ajudifikasi keberatan pemilu dan pengawasan pelaksanaan pemilu".

Saat ini pihaknya sedang mengumpulkan parpol untuk membuat komitmen bersama yakni, pemilu damai.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar