SPACE IKLAN

header ads

Pangan Lokal Menyelamatkan Kehidupan

Foto. Istimewa.

Oleh. HR.
Kamis, 26 Oktober 2023.
Editor, Lalu Muhasan.

SUMBAWA, Wartabumigora - Dalam rangka memperingati hari pangan sedunia, Solidaritas Perempuan (SP),  Sumbawa menyelenggarakan festival pangan lokal yang keenam yang dipusatkan di dusun Brangpelat Desa Pelat Kecamatan Unter Iwes Kabupaten Sumbawa,NTB. 

M. Hamdan selaku Ketua Panitia Festival Pangan Lokal ke-6 mengucapkan terima kasih atas berpartisipasi dalam kegiatan ini.

" Kami juga berterimakasih kepada SP Sumbawa karena terus konsisten bersama perempuan-perempuan Petani Desa Pelat memperjuangkan dan mempertahankan pangan lokal yang terus dirayakan secara berturut-turut sejak tahun 2018 melalui Festival Pangan Lokal,"ungkapnya (26/10).

Adapun tujuan kegiatan ini yaitu mengajak masyarakat dan Pemerintah untuk  mempertahankan dan melestarikan benih dan pangan lokal Sumbawa sebagai warisan nenek moyang kita tau tanah samawa yang hampir punah bahkan jarang kita temui. 

"Benih-benih yang kita miliki saat ini dapat kita tanam dan dikembangkan sehingga generasi-generasi muda dan generasi penerus kita tetap dapat menikmati pangan lokal,"katanya.

Kegiatan ini merupakan program SP Sumbawa melalui kelompok binaan SP yaitu kelompok saling sakiki yang berdiri sejak tahun 2016 di desa pelat yang di dukung oleh pemerintah desa pelat dan seluruh lapisan Masyarakat,"jelasnya.

Adapun sumber anggran kegiatan ini yaitu berasal dari solidarita perempuan sumbawa dan kesuksesan acara ini secara swadayanya  didukung oleh pemerintah desa pelat dan seluruh lapisan Masyarakat desa pelat.

Harapan kami, kepada pemerintah desa, menjadikan program ini menjadi program tahunan pemerintah desa,  selain itu juga hamdan berharap kepada pemerintah dalam hal inI Diskoprindag juga membatu dalam hal mempromosikan dan mendistribusikan produk-produk hasil dari kelompok saling sakiki, dalam hal ini juga, untuk ningkatkan kapasitas kelompok salalu dilibatkan didalm diklat-diklat yang diselenggarakan. 

Kepada DPRD Sumbawa dan Bupati Sumbawa beserta seluruh jajarannya juga dapat mendukung penuh dan menjadikan produk wajib Kerupuk Ketabang khas Pelat menjadi pangan yang wajib di konsumsi dalam berbagai acara/kegiatan/pertemuan/rapat yang diselenggarakan oleh Pemerintah. Sehingga hal ini dapat mendukung untuk kesejahteraan dan meningkatkan perekonomian petani Desa Pelat dan Kedepannya kami berharap seluruh lapisan Pemerintah dapat mendukung penuh Acara Festival Pangan Lokal di tahun mendatang.

Terakhir, saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dan mensukseskan acara ini.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar