SPACE IKLAN

header ads

Survei LANSKAP: Pemerintahan Mo-Novi Catatkan Approval Rating di Angka 46,25 Persen

Foto. Istimewa.

Oleh. HR
Senin, 23 Oktober 2023
Editor, Bq Nining.

SUMBAWA,WartaBumigora - Hasil survei Lembaga Analisis Studi Kebijakan dan Pemberdayaan (LANSKAP), menunjukkan publik secara umum menilai, tingkat kepuasan kinerja (approval rating) Pemerintahan Mo-Novi di angka 46,25 persen alias turun jika dibandingkan dengan survey yang sama dilakukan pada bulan Agustus 2022 yakni 54,01 persen. 

Menurut survei yang dilakukan LANSKAP pada september 2023, ada  sekitar 45,76 persen masyarakat menilai tidak puas dengan kinerja Pemerintahan Mo-Novi. faktor utama yang menjadi catatan ketidakpuasan kinerja pemerintahan Mo-Novi adalah, masalah infrastruktur, lapangan pekerjaan, masalah pengangguran, kebutuhan air bersih, korupsi dan belum terkendalinya harga kebutuhan pokok masyarakat. Tingkat kepuasan atas kinerja Pemerintahan Mo-Novi bahkan disebut oleh LANSKAP berada dalam tren menurun jika dirunut sejak setahun ke belakang. 

" Hal ini menjadi tantangan serius bagi Pemerintahan Mo-Novi untuk kembali melakukan kebijakan populis yang langsung menyentuh kebutuhan riil masyarakat agar bisa meningkatkan kembali approval rating-nya,” kata Direktur LANSKAP Ardiyansyah dalam rilis pada Senin (23/11/2023). 

Namun, terlepas dari catatan kurang puas masyarakat, patut di apresiasi catatan positif dari pemerintahan Mo-Novi adalah pada bidang kesehatan dan pendidikan, hasil survei menunjukkan ada sentiment positif publik pada bidang tersebut.

LANSKAP menyebut bahwa survei ini dilakukan dengan melibatkan 800 responden, dengan syarat seperti berusia minimal 17 tahun atau telah menikah. Survei ini sendiri dilakukan di seluruh wilayah Kabupaten Sumbawa pada periode 16-28 September 2023 lalu,"pangkasnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar