SPACE IKLAN

header ads

Mahasiswa KKNT UNDIKMA Melakukan Seminar Pendidikan Untuk Pemdes Di Desa Pejanggik

Foto Istimewa.

Oleh.  Ryan.
Jumat, 17 November 2023.
Editor, Lalu Muhasan.

LOMBOK TENGAH,Wartabumigora - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik MBKM Universitas Pendidikan Mandalika, Sasmita Mayuristira Program Studi Administrasi Pendidikan, bekerja sama dengan Kaprodi Administrasi Pendidikan UNDIKMA melaksanakan program seminar untuk perangkat desa Pejanggik yang bertemakan "Peran Pemerintah Desa Dalam Pengembangan Pendidikan Di desa Pejanggik", dilaksanakan di AULA kantor desa Pejanggik, Kamis, 16 November 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri sekretaris desa pejanggik, bapak Ilham SH., Kaprodi Administrasi Pendidikan UNDIKMA, bapak Hardiansyah, MM.Pd. Dosen Prodi Administrasi Pendidikan, bapak Dr. Muhammad Iqbal, M.Pd., sekaligus sebagai fasilitator dalam acara seminar tersebut, serta seluaruh aparatur desa, pol PP dan seluruh Kadus di lingkungan desa pejanggik.

Sasmita Mayuristira, selaku ketua pelaksana program seminar menyampaikan, bahwa masalah pendidikan di negara kita masih butuh banyak perhatian, dengan latar belakang kuliah pendidikan, ada hasrat tersendiri untuk terus berkontribusi di bidang pendidikan. 

" Harapannya dengan melaksanakan kegiatan seminar ini dapat memberikan edukasi kepada seluruh pemdes Pejanggik bahwa betapa pentingnya kesadaran akan hal pengembangan pendidikan. Tidak hanya mengandalkan institusi sekolah saja, namun dari yang paling kecil yaitu diri sendiri, keluarga bahkan pemdes juga diharapkan memiliki atau melaksanakan peran dan strategi terhadap peningkatan kualitas pendidikan, terkhusus nya di desa pejanggik." Katanya.

Selain itu juga, Dr. Muhammad Iqbal, M.Pd, selaku fasilitator pada acara seminar tersebut menyampaikan beberapa point terkait dengan tema yang diangkat, pada kesimpulan nya beliau menyampaikan Bahwa fungsi pemerintah desa dalam pendidikan formal sejatinya adalah memberikan edukasi/ membangkitkan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya pendidikan, tentunya hal ini tidak bisa dilakukan satu atau dua kali, namun dilakukan secara berkesinambungan. Dalam pendidikan in formal pemdes dapat melaksanakan pendataan terhadap penduduk yang berusia produktif dan melakukan pelatihan-pelatihan atau kursus yang dapat meningkatkan kompetensi SDM. Dalam hal strategi beliau juga merekomendasikan pemdes pejanggik membuat suatu lembaga yang khusus bergerak atau mengatur tentang pendidikan di desa yang juga diberikan alokasi dana untuk pelaksanaan program-program nya.

" Acara seminar berjalan dengan lancar, dengan metode yang lebih ke diskusi atau shering session, peserta seminar juga begitu antusias, menyampaikan keluh kesah, kondisi pendidikan, pengalaman dan solusi terkait dengan masalah pendidikan yang sedang terjadi." imbuhnya.

Dalam penyampaian tambahan diakhir sesi, Kaprodi Administrasi Pendidikan, bapak Hardiansyah, MM.Pd menyampaikan, bahwa di Universitas pendidikan Mandalika sangat terbuka dan membuka ruang kerja sama dengan desa-desa. Sekiranya membutuhkan atau memerlukan suatu hal dalam bentuk ilmu/ pengetahuan, civitas UNDIKMA akan sangat terbuka dan siap untuk membantu permasalahan-permasalahan di desa. 

" Untuk hal tersebut pihak desa hanya perlu bersurat langsung ke kampus Undikma." katanya.

Bapak Ilham SH. Selaku Sekretaris Desa mewakili pemdes yang lainnya menyampaikan banyak terimakasih atas ilmu baru yang disampaikan oleh fasilitator, Ia mengungkapkan bahwa pemdes Pejanggik pada saat ini cukup berperan dalam pendidikan, buktinya di desa pejanggik sudah memiliki beberapa yayasan, sekolah yang menunjang pendidikan, melaksanakan beberapa pelatihan.

" Saat ini juga sedang mempersiapkan beasiswa untuk anak-anak di desa pejanggik. Namun, ide-ide baru yang disampaikan oleh fasilitator sangat bermanfaat dan ditampung untuk bahan evaluasi pemdes selanjutnya,"

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar