SPACE IKLAN

header ads

Usai Dilantik, Bupati Lobar Hj Sumiatun Gelar Rakor Bersama Kepala OPD

Foto. Istimewa

Oleh. Lalu emmy
Selasa, 14 November 2023
Editor. Bq Nining

LOMBOK BARAT, WartaBumigora - Bupati Lombok Barat, Hj Sumiatun setelah dilantik langsung menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Perdana mengumpulkan semua kepala OPD. bertempat di Ruang Rapat Jayangrana, (14/11).

Dalam Rakor tersebut ia menekankan beberapa hal, diantaranya menyangkut kedisiplinan ASN harus ditingkatkan dan percepatan atau akselerasi program-program yang belum mencapai target. 

Sementara itu, Bupati perempuan pertama Lobar itu melaksanakan beberapa agenda. Di hari keduanya sebagai Bupati, Ketua DPD Golkar Lobar itu didampingi Sekda H Ilham mengumpulkan semua Kepala OPD. Ia mengatakan, meski hanya kurang dua bulan menjabat, dia akan bekerja maksimal. Tugas yang belum selesai di sisa masa jabatannya akan segera dituntaskan sebelum akhir tahun.

 "Tinggal saya melanjutkan dengan melakukan percepatan. Yang sudah ada, dan belum tercapai ko kita diselesaikan bersama," jelasnya.

Ia menambahkan, tidak ada pekerjaan yang paling prioritas. Baginya, semua tanggung jawab maupun tugas yang ditinggalkan Fauzan Khalid masuk skala prioritas. Terkait hal itu, sudah ada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang menjadi landasan bagi pemda melaksanakan pembangunan lima tahunan. Ia juga menyampaikan soal mutasi mengisi kekosongan, akan dilakukan pihaknya sesuai kebutuhan organisasi. 


Sekda Lobar H Ilham juga mengatakan, Bupati memimpin Rakor perdana dengan para Kepala OPD setelah dilantik sebagai Bupati. Dalam pertemuan itu, Bupati mengajak semua jajaran OPD untuk merapatkan barisan, bahu membahu untuk menyelesaikan segala tugas dan tangung jawab bersama. "Apalagi memasuki akhir tahun ini, semua hal yang bisa dilakukan percepatan, lakukan percepatan dalam menyelesaikan semua permasalahan yang masih belum terselesaikan, sehingga akhir tahun nanti kita sudah selesai dari program kegiatan yang menjadi tanggung jawab masing-masing. Itu penekanan beliau,"tegasnya. 

Bupati mengajak jajarannya agar kompak dan bersinergi. Dalam pertemuan itu, Bupati kata Sekda mengibaratkan jajaran Pemda Lobar ini seperti sebuah kapal. Bupati selaku kapten kapal dan kepala OPD adalah sebagai ABK nya. Sehingga harus satu, tunduk pada perintah kapten jangan ada yang jalan sendiri-sendiri agar kapal bisa berlayar mulus dan baik tanpa banyak hambatan sampai tujuan. Untuk bisa membawa kapal (Lobar) berlayar lebih baik kedepannya, Bupati menekankan kepada jajarannya agar meningkatkan disiplin. "Beliau minta untuk semua ASN untuk meningkatkan ASN, sebab dengan disiplin lah kita bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, tepat sasaran dan percepatan,"tegasnya. 

Agar semua ASN bisa disiplin dengan baik, maka selaku pejabat di atasnya mulai dari Sekda, Asisten, kepala OPD, sekretaris, kepala bidang, Kabag, Kasi hingga kasubag memberikan contoh bagaimana disiplin yang baik kepada bawahannya. Kemudian penekanan Bupati, semua OPD harus bekerjasama antar satu dengan yang lain untuk menyelesaikan persoalan. Misalnya di akhir tahun ini, sudah mulai musim hujan. Jangan sampai ketika permalasahan yang muncul, OPD yang menjadi tupoksi nya saja yang berfikir dan terjun melakukan penanganan. 

"Tapi OPD lain tidak mau bergerak, karena itu Bupati menekankan semua OPD harus berkolaborasi menyelesaikan permasalahan,"tegasnya.

Selain itu, Bupati menekankan semua OPD bersinergi mencapai target RPJMD. Sebab ada beberapa indikator kinerja yang belum dicapai, "itu yang menjadi prioritas, semua OPD diminta program OPD untuk bersinergi, jangan ada yang ego sektoral sebab dengan sinergi dan kebersamaan itu diharapkan semua bisa dicapai,"harapnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar