SPACE IKLAN

header ads

H.Mo Resmikan IPLT Raberas dan Pencanangan “Gama Salamat”

Foto. Istimewa

Senin, 22 Januari 2024
Oleh. HR
Editor. Baiq Nining

๐“ฆ๐“ช๐“ป๐“ฝ๐“ช๐—•๐—จ๐— ๐—œ๐—š๐—ข๐—ฅ๐—”, ๐—ฆ๐—จ๐— ๐—•๐—”๐—ช๐—” - Bupati Sumbawa Drs H.Mahmud Abdulllah didampingi anggota Forkopimda, Penjabat Sekda Sumbawa, Kadis PUPR Sumbawa, sejumlah Pimpinan OPD, Senin (22/01/2024) bertepatan dengan HUT Sumbawa ke-56 bertempat dikawasan TPA Raberas, meresmikan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Raberas dan Pencanangan Program “Gama Salamat”.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sumbawa Dian Sidharta ST MM dalam laporannya menyatakan target RPJMN untuk akses aman pengolahan air limbah domestik yaitu 15% dan kondisi eksisting akses aman pengolahan air limbah domestik Kabupaten Sumbawa masih pada posisi 8,2%, maka terdapat GAP sekitar 6,8% untuk Kabupaten sumbawa agar memenuhi target RPJMN.

“Oleh karena itu, dengan keberadaan IPLT Raberas ini diharapkan kedepan akses aman Pengolahan air limbah domestik didaerah ini dapat terpenuhi dengan baik sebagaimana yang diharapkan,” ujar Dian Sidharta.

Dijelaskan, alokasi biaya pembangunan IPLT bersumber dari DAK Sanitasi

tahun 2023 dengan nilai kontrak sebesar Rp 9.410.600.000, yang dikerjakan oleh

rekanan kontraktor CV. Putera Bahagia dengan konsultan pengawas CV. Total Design Konsultan.

Menurutnya, pembangunan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja menjadi langkah awal kami melakukan upaya-upaya lanjutan untuk memenuhi target sanitasi aman 15% pada tahun kedepan, optimalisasi keberfungsian dan keberlanjutan sanitasi aman kita awali dengan pencanangan Gerakan Masyarakat menuju sanitasi layak aman berkelanjutan (GAMA SALAMAT).

Sementara itu, Bupati Sumbawa Drs.H.Mahmud Abdullah dalam kata sambutannya menyampaikan terkait dengan keberadaan IPLT Raberas ini, diminta kepada PUPR agar perlu lebih meningkatkan sosialisasi secara masif kepada masyarakat, tukasnya.

“Bagaimana tindak lanjut pengelolaannya kedepan termasuk kolaborasi dengan IPLT yang ada di pedesaan atau Kecamatan, dan kita berharap semua kita untuk bekerjasama dan bergandeng tangan, sehingga komitmen menjadikan Kabupaten Sumbawa yang sehat dapat terwujud sebagaimana diharapkan bersama,” pungkas Bupati Haji Mo.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar