SPACE IKLAN

header ads

Musrembang Tingkat Kelurahan Paruga: Aspirasi Warga Menjadi Prioritas.

Foto. Istimewa

Kamis, 7 Maret 2024
Oleh. Dae Eldan
Editor. Baiq Nining


𝓦𝓪𝓻𝓽𝓪𝗕𝗨𝗠𝗜𝗚𝗢𝗥𝗔, 𝗞𝗢𝗧𝗔 𝗕𝗜𝗠𝗔 - Musrenbang Tingkat Kelurahan Paruga Kecamatan Rasa  Na'e Barat Kota Bima berlangsung pada Kamis, 7 Februari  2024 di aula kelurahan setempat. 

Hadir Kepala Bappeda Kota Bima, Camat Rasanae Barat, Hj. Suharn dan Lurah Paruga, Seklur. Sedangkan peserta rapat Musrenbang dari sejumlah RT/RW, tokoh masyarakat, agama, pemuda, wanita dan Tagana.

Acara di awali pembacaan do,a, dan sambutan Kepala Bappeda di wakili sekretaris Bappeda Kota Bima. Dan di buka secara resmi oleh Camat Rasanae Barat, Hj. Suharni. Camat Hj. Suharni membeberkan sejumlah program yang sudah di laksanakan di wilayah Kecamatan Rasanae Barat. Termasuk di Kelurahan Paruga.

Camat Rasbar pada sambutannya, mengingatkan, agar peserta Musrenbang, khususnya di wilayah RT masing masing dapat merencanakan dengan lebih awal sebagai program pembangunan yang menjadi skala prioritas. "tujuan Musrenbang adalah menghimpun program di masing masing wilayah yang sangat penting untuk di rencanakan di tahun berikutnya". Cetusnya.

Tertundanya, Sebahgian program kerja pembangunan, sementara sudah diusulkan, itu terkendala karena anggaran terserap oleh Pemilu, termasuk Pilkada.

Termasuk program beda rumah, peningkatan gang jalan, bantuan UKM dan lainnya. Kendati demikian, di tahun 2024, ada beberapa gang jalan yang sudah di setujui untuk di kerjakan. 

Sebaliknya dengan Sekretaris Bappeda, Arief Rahman, juga menyampaikan sejumlah program pembangunan yang masuk dan akan dilaksanakan di kelurahan Paruga. Sesuai perencanaan pembangunan daerah ada tiga, yaitu proses dari kelurahan, kecamatan dan tingkat kota Bima.

Selain itu, juga ada perencanaan pembangunan yang sesuai dengan visi misi kepala daerah. RPJPMD menjadi program pembangunan daerah.

Tahun 2025, sebagai program kerja, diantaranya, penanganan sanitasi, beda rumah, Stunting dan peningkatan gang jalan. Termasuk, peningkatan kesehatan masyarakat, gizi buruk dan penanganan penyakit menular.

Berikutnya, bahwa sejak covid Kota Bima mengalami pertumbuhan ekonomi yang stabil. Dan pihak pemerintah berkomitmen untuk terus meningkatkannya.

Acara Musrenbang Kelurahan Paruga, yang dimulai pada pukul 14. 00 WITA dan berakhir hingga pukul 16. 00 WITA berjalan cukup alot, lancar dan sukses. Diakhiri dengan usul saran dari peserta rapat.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar