SPACE IKLAN

header ads

Warga Dihebohkan! Paus Terdampar di Pantai Lombok Timur

Foto. Istimewa

Rabu, 6 Maret 2024
Oleh. Dedy
Editor. Baiq Nining

𝓦𝓪𝓻𝓽𝓪𝗕𝗨𝗠𝗜𝗚𝗢𝗥𝗔, 𝗟𝗢𝗠𝗕𝗢𝗞 𝗧𝗜𝗠𝗨𝗥 - Seekor paus terdampar di Pantai Bang-bangan, Desa Pringgabaya Utara, Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB). Mamalia berjenis paus bungkuk sepanjang 15 meter itu ditemukan oleh nelayan setempat pada Selasa (5/3/2024) sekitar pukul 23.00 Wita.

"Terdampar di pesisir dalam keadaan hidup dan mengapung di dekat tambak udang PT Prima Rinjani Makmur," kata Kasi Humas Polres Lombok Timur Iptu Nicolas Oesman saat dikonfirmasi detikBali, Rabu (6/3/2024).

Nico menerangkan saksi bernama Marjan (29) bersama tiga warga Desa Pringgabaya Utara menemukan paus itu saat akan mancing ikan. Para nelayan itu, Nico melanjutkan, melihat benda yang mengapung dari kejauhan.

"Setelah dicek bahwa benar itu paus berukuran besar itu hanyut dan terdampar di pesisir pantai," ujar Nico.

Menurut Nico, jajaran Polairud Polres Lombok Timur telah mendatangi lokasi untuk membantu evakuasi paus tersebut. Proses evakuasi dilakukan menggunakan kapal Patroli Polairud Polres Lombok Timur dan dibantu nelayan setempat.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, mamalia bernama ilmiah Megaptera novaeangliae itu tidak mengalami luka pada tubuhnya. Nico menduga paus tersebut terdampar akibat air laut surut.

"Ikan paus terdampar sudah bisa dievakuasi ke tengah laut dan dikembalikan ke habitatnya. Tadi ditarik pakai kapal dari teman-teman Polairud," pungkasnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar