SPACE IKLAN

header ads

Jelang Pilkada 2024, Bawaslu NTB Ajak Media Perangi Berita Hoaks

Foto. Ilustrasi,

Rabo, 9 Mei 2024.
Oleh, ll.
Editor, Baiq Nining.

𝓦𝓪𝓻𝓽𝓪𝗕𝗨𝗠𝗜𝗚𝗢𝗥𝗔.𝗜𝗗, 𝗠𝗔𝗧𝗔𝗥𝗔𝗠 - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Nusa Tenggara Barat (NTB) mengajak, media massa berperan aktif menangkal berita bohong atau hoaks menjelang pelaksanaan Pilkada 2024.

Anggota Bawaslu NTB Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas, Hasan Basri mengatakan, media massa sebagai pilar keempat demokrasi berperan penting dalam mendorong partisipasi masyarakat dalam mengawasi pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak 2024.

"Oleh karena itu sinergi antara media massa dan Bawaslu diharapkan akan dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam mengawal Pilkada serentak berjalan jujur, adil, dan berintegritas," ujar Hasan. Rabo (9/5/2024).

Ia menyebut, media massa punya peran mengedukasi masyarakat tentang pentingnya partisipasi dalam Pilkada 2024. Sebab, tahapan Pilkada 2024 akan lebih dinamis daripada pelaksanaan Pemilu 2024.

"Pilkada biasanya lebih dinamis karena pasangan calonnya (calon kepala daerah) berada di daerah kita sendiri. Di mana untuk NTB akan berlangsung di 10 kabupaten dan kota dan satu untuk provinsi," ucap Hasan.

"Tentunya dengan siar yang baik, proses demokrasi akan berjalan sukses dengan baik. Utamanya, menjelang tahapan konsolidasi Pemilu Serentak 2024," sambungnya.

Mantan Ketua Bawaslu Kota Mataram ini, menambahkan untuk memperkuat peran media massa diperlukan sebuah pola kerjasama dengan mengedepankan kolaboratif serta bertanggung jawab terhadap nilai demokrasi. Hal ini untuk mengurangi dampak pelanggaran-pelanggaran dalam setiap tahapan pemilu.

"Jadi peran jurnalis sebagai pengawas pemilu, mulai dari tahapan awal hingga ditetapkannya hasil pemilu, tentu akan berdampak pada pemilu yang berjalan transparan, jujur dan berintegritas bisa kita harapkan tercapai kedepannya," katanya.


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar