SPACE IKLAN

header ads

Keistimewaan Sapi Asal Bima Untuk Qurban Hari Raya Idul Adha

Foto. Istimewa

Kamis, 23 Mei 2024
Oleh. Tm
Editor, Baiq Nining

𝓦𝓪𝓻𝓽𝓪𝗕𝗨𝗠𝗜𝗚𝗢𝗥𝗔.𝗜𝗗, 𝗕𝗢𝗚𝗢𝗥 - Berbagai jenis sapi untuk Qurban di Hari Raya Idul Adha di tiap tahun diperjualbelikan mulai dari bagian propinsi NTT, Bima NTB, hingga asal sapi dari Sumatera.

Salah satu Tim Sembelit sapi, kalau di Bogor namanya JULEHA (Juru Sembeli Halal) Bogor Raya, Defa Abdul Salam, Selaku pimpinan Rumah Qur'an Al-Kausar yayasan Ma'had Kota Bogor, yang mengatakan sama media ini, dikandang Pemilik sapi Bogor country Desa Cibadak Kecamatan tanah sereal Kota Bogor Jln baru Jln ky Haji Soleh Iskandar bahwa sapi Bima ini merupakan jenis terbaik untuk dikonsumsi, Kamis (23 Mei 2024).

Saya pernah motong beberapa sapi sebanyak 150 kg dengan sapi daerah lain termasuk sapi Bima ini, Sebab kalau sapi asal daerah Bima dagingnya lebih banyak dan memiliki tekstur ketebalan yang padat, tulangnya kecil, dan juga daging nya banyak dibandingkan sapi daerah lain.

Lanjutnya, sapi Bima kita beli dikandang ini sebanyak 25 ekor, sampai 30 ekor untuk qurban, sapi sebanyak itu ditaruh satu masjid yang ada daerah Bogor, tahun depan lagi di masjid lain yang ada di Daerah Bogor Raya begitu terus tiap tahun," katanya.

Pemilik Kandang, "Bogor country" Fadil, Desa Cibadak Kecamatan tanah sereal Kota Bogor Jln baru Jln ky Haji Soleh Iskandar, Sapi asal Bima juga rata-rata mempunya bobot hingga 200 sampai 500 kilogram yang dijual tidak terlalu mahal.

"Mutunya dijamin, sapinya sehat dan layak untuk hewan kurban. Harga mulai dari Rp 20 juta sampai Rp 30 juta," katanya.

"Persiapan sapi dijual di kandang ini sebanyak 400 ekor, cuman sekarang saja menurun hanya yang ada sekarang 157 ekor," ungkapnya.

Dikesempatan yang sama salah satu pembeli, Hj. Eli, mengatakan sapi Bima walaupun kecil daging  banyak tulang kecil dan nggak banyak lemaknya dibandingkan sapi daerah lain.

"Saya tiap tahun beli sapi dikandang ini, soalnya memuaskan sapi asal daerah Bima untuk Qurban," ujarnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar