SPACE IKLAN

header ads

Kades Babussalam Apresiasi Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN)

Foto. Istimewa.

Rabu, 26 Juni 2024.
Oleh, L. Emmy.
Editor, Baiq Nining.

𝓦𝓪𝓻𝓽𝓪𝗕𝗨𝗠𝗜𝗚𝗢𝗥𝗔.𝗜𝗗,𝗟𝗢𝗠𝗕𝗢𝗞 𝗕𝗔𝗥𝗔𝗧, Pemerintahan Desa (Pemdes) Babussalam Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat jalankan Program Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk dengan 3M yang terdiri dari Menguras/membersihkan tempat yang digunakan untuk menampung air seperti bak mandi, ember, dll. Di lingkungan rumah masyarakat di Desa Babussalam. Rabu (26/06).

Tim Survelens dari Puskesmas Dasan tapen mengatakan, dalam rangka mengantisipasi meluasnya penyebaran virus dengue yang ditularkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang dapat menjadi penyebab penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), kita berupaya untuk melakukan kegiatan pengendalian DBD dengan melakukan salah satu kegiatan yaitu  PSN (Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk ) dengan 3M yang terdiri dari Menguras/membersihkan tempat yang digunakan untuk menampung air seperti bak mandi, ember, dll. 

"Menutup rapat tempat penampungan air kendi atau drum Mengubur barang bekas dan menaburkan bubuk larvasida (Abate),” jelasnya. Rabu (26/6)2024).

Pelaksanaan PSN ini menjadi pendukung program masyarakat Sehat, bersama Pemerintahan Desa, Bidan Desa, Perwakilan Puskesmas, dan Masyarakat yang ikut serta bertugas dalam pemberantasan jentik nyamuk yang berada disekitar lingkungan rumah masyarakat. Tempat-tempat yang biasa dijadikan sarang nyamuk adalah bak mandi dan juga air yang ada pada kaleng bekas minuman atau ember kosong yang terisi air di luar ruang.

"Pemberantasan jentik dilakukan secara menyeluruh baik di dalam maupun di luar ruang. Setelah dilakukan pemeriksaan kerumah – rumah warga tim PSN mendapatkan beberapa temuan Ari tergenang di beberapa tempat." Katanya.

Disamping itu kades Babussalam H. Ramli Ahmad sangat mengapresiasi kegiatan Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk yang dilakukan di Desa ini.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini, muncul kesadaran diri dari seluruh masyarakat Desa Babussalam untuk senantiasa menjaga kebersihan.

" Ya lingkungan sekitar dengan cara rajin membersihkan tempat-tempat yang bisa menjadi potensi berkembangnya nyamuk, serta memantau jentik di kala musim hujan,” tutup kades.

Diakhir arahannya Kades Babussalam mari kita bergerak bersama-sama semua masyarakat yang ada di desa Babussalam untuk memberantas sarang nyamuk 

Dalam kegiatan ini tanpak hadir Sekertaris kesehatan Lobar, Kepala Desa Babussalam, Tim Dari Puskesmas dasan tapen, Ketua BPD beserta Anggota, Para Kadus Se-Babussalam, Para Kader, Babinsa, Bhabinkamtibmas Desa Babussalam,

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar