SPACE IKLAN

header ads

Bappeda Provinsi NTB Gelar Jumpa Pers Dengan Wartawan, Terkait APBD 2020


Foto. Kepala Bappeda Provinsi NTB, Ir. Wedha Magma Ardhi, didampingi, Kepala Bapenda Provinsi,Hj. Eva DewiYani, serta, Plt Kepala BPKAD Provinsi, H. Zainul Islam saat jumpa Pers.

Wartabumigora.com, MATARAM -  Bappeda NTB gelar Jumpa Pers terkait dengan Ekspose Nota Keuangan APBD 2020 di lesehan Taliwang Nada Sayang-sayang Rabo. (21/08/2019). 

Hadir dalam Jumpa Pers ini, Kepala BAPPEDA Prov. NTB Ir. Wedha Magma Ardhi, MT, Plh. Kepala BAPENDA Prov. NTB Hj. Eva Dewiyani, SP dan Plt. Kepala BPKAD Prov. NTB Drs. H. Zainul Islam, MM serta Wartawan setempat.

Pembangunan tahun 2020 dalam mendukung tercapainya Visi jangka panjang serta jangka menengah Provinsi Nusa Tenggara Barat sekaligus keselarasan Prioritas Pembangunan Nasional dengan Tema "Pembangunan Manusia untuk NTB Tangguh, Mantap dan Lestari".

Selain itu juga, Tema tersebut di jabarkan beberapa program Prioritas dengan Alokasi Anggaran Belanja Langsung RAPBD Tahun 2020 sebesar 41 persen atau 912,38 Miliar.

Yang dimana Program unggulan tersebut diantaranya, "Melawan Kemiskinan dari Desa, Infrastruktur, Industrialisasi, Revitalisasi Posyandu dan Syuting, serta Program Unggulan Zero Waste".

Dengan rincian anggaran sebagai berikut, Program Unggulan melawan kemiskinan dari desa sebesar 361 miliar yang dimana berfokus pada BUMDES, Jamban keluarga, Rumah layak huni, KUBE, Air bersih, Pembangunan desa wisata, Pertanian konservasi, Kawasan rumah lestari, Pengelolaan bank sampah, Sambungan listrik murah-hemat, Desa berdaya mandiri pangan, Motorisasi Nelayan serta ketahanan keluarga. Pengelolaan tersebut mengacu pada 100 Desa miskin dan 99 Desa wisata yang sesuai dengan SK gubernur No. 050.13-366 tahun 2019." 

Untuk Program unggulan Infrastruktur anggarannya sebesar 442,67 miliar dengan Program Pembangunan serta Pemeliharaan Jalan dan Jembatan, Pengembangan perumahan, Pemukiman, Ketenagalistrikan, Energi dan Sumber daya miliar, Penanggulangan korban bencana alam, Rehabilitas penanganan bencana, Pembangunan fasilitas perhubungan dan Pengembangan transportasi laut.

Sedangkan untuk program unggulan Industrialisasi sendiri anggarannya sebesar 197,76 miliar yang berfokus pada Penyediaan bahan baku, Pengembangan SDM, Teknologi permesinan, Kelembagaan, Manajemen dan pemasaran.

Selain itu juga, program unggulan Revitalisasi Posyandu dan Syuting sebesar 77,14 miliar yang terdiri dari, perbaikan gizi masyarakat, Peningkatan peran perempuan di desa, Penguatan kelembagaan gender dan anak, Pengembangan kinerja pengelolaan air minum dan limbah, Peningkatan ketahanan pangan, Gemar makan ikan, Pengembangan komunikasi, informasi dan media massa serta Jaminan sosial.

Yang terakhir program unggulannya yaitu, Zero Waste, dengan anggaran sebesar 31, 40 miliar yang difokuskan pada, Pengembangan kinerja pengelolaan sampah, Pengembangan permukiman, kapasitas aparatur pemerintah desa, promosi kesehatan, Pemberdayaan masyarakat dan partisipasi masyarakat serta Peningkatan kerjasama pemerintahan.

Sehingga Bappeda dan Pemprov NTB berharap, Perencanaan Program unggulan ini,  dapat mewujudkan Visi NTB GEMILANG dan semua lapisan masyarakat maupun pemerintahan di NTB dapat berpartisipasi, aktif dan mendukung penuh.(AMH).
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar