SPACE IKLAN

header ads

Kades Lelede Rutin Ajak Warga Gotong Royong Wujudkan Lingkungan Bersih

Warga desa Lelede saat gotong-royong. 

WARTABUMIGORA. Lombok Barat - Salah satu kebudayaan yang menjadi identitas masyarakat desa adalah kerja bakti. Kegiatan ini biasanya dilakukan masyarakat secara bersama-sama, dengan tujuan melakukan kegiatan tertentu salah satunya adalah kerja bakti bertujuan membersihkan lingkungan dan saluran irigasi yang dilaksanakan secara gotong royong. 

Didesa Lelede Kecamatan Kediri  khususnya kerja bakti masih sering dilaksanakan meskipun pelaksanaan nya belum rutin tiap minggu atau tiap bulan seperti membersihkan lingkungan sekitar ataupun saluran irigasi dan kegiatan lainnya. 

Bertepatan hari sabtu kemarin tanggal 5 Juni 2021 perangkat desa Lelede bersama dengan masyarakat melakukan kegiatan gotong-royong membersihkan lingkungan sekitar agar bersih dan terhindar dari sumber penyakit.

" Ya pada hari sabtu kemarin kami mencoba memberikan kegiatan supaya masyarakat itu sadar akan kebersihan lingkungan sekitar," Ucap Kepala Desa Lelede Zubaidi Jumadil saat di temui wartawan wartabumigora. Id. Selasa (8/6/2021). 

Menurut Kades, dengan adanya gotong-royong saluran ini tentu dapat mempermudah genangan air dapat mengalir dengan lancar, serta jalur sungai yang menjadi buangan tumpukan sampah menjadi bersih. 

" Semenjak saya menjabat sebagai kepala desa, saya selalu ajak bersih lingkungan, terutama sungai agar tidak ada tumpukan sampah di sungai. Dan itu harus kita kontrol dengan baik." Katanya. 

Dengan jiwa pendekatan, lanjut Zubaidi, tentu masyarakat saling memberikan pencerahan agar indah nya kebersamaan tetap dijaga dan selalu harmonis, dan pemerintah desa selalu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, jika tidak ada dukungan masyarakat tentu pemerintah desa tidak bisa berjalan lancar. 

" Alhamdulillah selama dua hari berturut-turut bisa menjadi lingkungan yang bersih." Lanjut Zubaidi Jumadil. 

Disamping itu Pemerintah Desa juga memiliki anggaran semacam padat karya tunai yang diberikan langsung kepada masyarakat, dengan kegiatan membangun Musalla dan disepakati bersama. 

" Jadi biaya gotong-royong tersebut sepakat masyarakat mengalihkan dananya untuk pembangunan tempat ibadah seperti mushalla yang di dusun Lelede Dasan. Dan antusiasme masyarakat sangat luar biasa." Ujar Kades. 

Selain kegiatan gotong-royong, tentu saat ini pemerintah desa juga mempunyai rencana kedepan untuk membangun tempat posyandu di masing-masing dusun, maksud dan tujuan tersebut adalah mempermudah pelayanan kepada masyarakat terutama bagi kesehatan masyarakat. 

" Ini kita sudah rancang dan insyallah kita akan lakukan secepatnya." Katanya. 

Disamping itu juga ada taman bermain bagi anak-anak serta dan itu sebagai edukasi wahana khusus bagi anak-anak. Ia berharap kedepan menjadi solusi bagi masyarakat dan ini merupakan salah satu program pemerintah desa. 

" Memang saat ini menjadi atensi kita adalah lingkungan yang sangat sempit. Dan tentu ini menjadi pertimbangan kita dan masyarakat nantinya." Tutup Zubaidi. (ILS).

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar