SPACE IKLAN

header ads

Pendalaman Kajian Kitab Kuning Jadi Program Unggulan Ponpes Matla'ul Anwar Umariyah Bonder Lombok Tengah

Berita Nasional
HEADLINE NEWS
Oleh. Wir/ils
Editor. L. Muhasan
Senin 27 Desember 2021.

Lombok Tengah – Pondok Pesantren (Ponpes) Matla'ul Anwar Umariyah Dusun Buntimbe Desa Bonder  Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah NTB adakan pengajian khusus dan pasaran kitab kuning, Nahwu Syarap yang terbuka untuk umum. 

Diharapkan dengan adanya kegiatan keagamaan tersebut bisa menambah ilmu-ilmu baru bagi para santri serta masyarakat pada umumnya. 

Pengelola Pondok Pesantren Matla'ul Anwar Ustadz Lalu Ahmad Hamzain mengatakan, selain belajar formal seperti biasa, Ponpes Matla'ul Anwar Umariyah mengadakan kegiatan keagamaan yang rutin setiap hari. Dengan adanya kegiatan keagamaan tersebut telah didukung dan direspon baik oleh siswa dan orangtua siswa.

" Itu sebagai rutinitas yang dilakukan sebagai pedoman bagi para santri," ujar Ustadz Lalu Ahmad Hamzain saat ditemui wartawan di kediamannya. Senin (27/12/2021). 

Lalu Ahmad Hamzain melanjutkan, dengan berdirinya Pondok Pesantren yang berlokasi di Dusun Buntimbe Desa Bonder, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah tersebut rupanya memiliki cerita panjang sebelum pada akhirnya memiliki santri dan santriwati yang saat ini.

" Ya selain Ponpes, kita juga mengelola SMP Islam yang sebelumnya didirikan oleh Almukarrom TGH. L. Imran Rosidi, " katanya. 

Menurut Ustadz Lalu Ahmad Hamzain, sepulang dari mekkah, Almukarrom TGH L.Ummar membuka pengajian di tempat tinggalnya di Dusun Buntimbe Penujak yang santrinya berasal dari daerah Penujak dan sekitarnya, termasuk dari Praya. Sebagaimana yang di katakan TGH. Sam'an Misbah bahwa, leluhurnya juga ada yang mengaji di Penujak dahulu.

" Ya muri-murid beliau di antarnya , TGH abdullah mantang, TGH. Siddiq Karang Kelok (Penyebar Tarekot Qodiriyah Naqsyabandiyah) TGH. Abdul Ghapur Sumbek Muncan dan lain lain bahkan ada yang dari Lombok Timur," jelasnya. 

" Alhamdulillah kini rutinitas yang ditanamkan untuk santri dan santriwati berjalan hingga sampai saat ini dan kini, sudah banyak mencetak generasi penerus, dan rata-rata dominan sekolah di Pondok Pesantren Matla'ul Anwar Umariyah kebanyakan berasal di Lombok Barat, Lombok Tengah," sambungnya. 

Ia berharap ilmu yang di peroleh di Ponpes Matla'ul Anwar Umariyah bisa bermanfaat, berkah, dan di terima oleh masyarakat. Dan semoga bisa berkembang kedepannya sesuai dengan apa yang di hajatkan. 

“Semoga dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini, akan menambah ilmu-ilmu yang baru bagi para santri, dan tentunya bernilai ibadah serta akan menjadi investasi amal kebaikan bagi kita semua,” Harapnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar