SPACE IKLAN

header ads

Bupati Fauzan: Kerja Keras dan Semangat FASTI Membawa Lobar Berprestasi

Bupati Lombok barat H. Fauzan Khalid.

Oleh. L. Emmy
Rabu 17 Agustus 2022.

LOMBOK BARAT -- Upacara Bendera memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 77 dipusatkan di Lapangan umum kantor bupati Lombok Barat Rabu (17/08/2022). 

Hadir dalam upacara tersebut Bupati dan Wakil Bupati Lombok Barat, Anggota Forkopimda, Pimpinan dan Anggota DPRD Lombok Barat, Sekda Lombok Barat, Para Asisten Kepala OPD,Camat, Mantan Bupati dan wakil bupati, Mantan Ketua DPRD. 

Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid dalam sambutannya menyatakan, Sudah tujuh puluh tujuh tahun Indonesia Merdeka. Hal ini adalah rahmat yang tidak ternilai dari Allah Yang Maha Kuasa. Kita meyakini, bahwa Indonesia Merdeka adalah suatu jembatan emas untuk mewujudkan semua harapan berbangsa dan bernegara, yakni agar bisa memiliki Indonesia yang di antaranya melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa. 

"Kita sudah merdeka dari penjajahan Bangsa Kolonial yang telah menjajah kita selama berabad-abad lamanya. Proklamasi 17 Agustus tahun 1945 adalah kemerdekaan dan kedaulatan bangsa kita yang diakui dunia," Ungkapnya.

Pada awal tahun 2020, dunia digemparkan oleh satu virus mematikan yang penyebarannya terluas sepanjang sejarah, lebih dari 200 negara terkena, dengan korban terjangkit lebih dari setengah milyar orang dan korban meninggal mendekati 6,5 juta orang. Seluruh dunia mengalami kemunduran ekonomi akibat pandemi covid19, tidak peduli negara maju, berkembang, apalagi yang terbelakang Bahkan beberapa negara sudah dianggap sebagai negara bangkrut, sebagai contoh Sri Langka. Dalam laporan PBB, setidaknya ada sembilan negara yang disebut berpotensi bernasib sama seperti Sri Langka di antaranya, Afganistan, Argentina, Mesir, Laos, Lebanon, Myanmar, Pakistan, Turki dan Zimbabwe.

"Tema HUT RI ke-77 Tahun 2022 ini yaitu Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat. Tema ini mengandung pesan bahwa kita harus sehat, kita harus pulih, kita harus bangkit, dan kita harus kuat. Segala ketakutan, keresahan, kecemasan karena Covid-19 harus kita ganti dengan semangat sehat dan kerja keras,"ujarnya.

Bangsa Indonesia bisa membangun jiwa dan sekaligus membangun raganya untuk kejayaan Indonesia Raya lagi. Hanya melalui kerja, Republik Indonesia akan dapat berdiri kokoh lagi dan terjauh dari predikat negara bangkrut seperti contoh tersebut di atas. Sebaliknya negara yang bangkit dengan penuh kekuatan demi cita-cita mulia yang termaktub dalam Pembukaan UUD 1945. 

" Kerja nyata yang kita lakukan tidak boleh asal kerja. Almarhum Buya Hamka pernah mengatakan, kalau kerja sekedar kerja, maka kerbau di sawah pun bekerja juga.Maka dari itu sebagai manusia, kita tidak boleh asal kerja dan kerja asal-asalan. Lombok Barat saat ini memiliki satu semangat dalam penguatan karakter yang diistilahkan dengan FASTI. FASTI adalah singkatan dari Fathanah, Amanah, Siddiq, Tabligh, dan Istiqomah." Katanya.

Fathanah kita wujudkan dengan menjadi warga Lombok Barat yang cerdas, beretika, professional, solutif, kreatif, inovatif serta semangat untuk terus mengembangkan diri, belajar dan terus belajar. Amanah kita realisasikan melalui sikap jujur, loyal, sabar, ikhlas, transparan, teladan dan berintegritas. Siddiq kita tunjukkan dengan sikap teliti, analitis, cepat dan tepat, bertanggung jawab serta memenuhi janji dan sumpah.

" Tabligh kita laksanakan dengan sikap dan sifat komunikatif, empati, bijaksana, melayani, kolaboratif dan informatif. Dan Istiqomah kita tunjukkan dengan sikap percaya diri, kuat, berkomitmen, optimis, taat dan berani,"ungkapnya.

Kerja Keras yaitu bekerja dengan sungguh-sungguh, sekuat tenaga, penuh semangat, dan. pantang menyerah. Kedua, Kerja Cerdas yaitu kerja yang tidak hanya mengandalkan otot, namun juga menggunakan otak, bisa berpikir kreatif dan inovatif untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan waktu yang efektif. Ketiga, Kerja Tuntas yaitu bekerja dengan semangat sampai selesai dan tidak setengah-setengah sehingga semua pekerjaan kita memperoleh hasil yang sukses. Hal inilah yang menurutnya membawa Lombok Barat menjadi Kabupaten yang memiliki berbagai prestasi. 

"Dengan kerja keras dan semangat yang kuat kita dapat mewujudkan daerah yang memiliki banyak prestasi antara lain WTP 8 Tahun Berturut.turut, Harapan Lama Sekolah Terbaik, IPM urutan 4 se NTB dan prestasi lainnya,"ujarnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar