SPACE IKLAN

header ads

Luarbiasa, KMPS Batu Dendeng Wakili Lombok Barat Menuju Tingkat Nasional dalam Lomba Ini

KMPS Batu Dendeng Menuju Terbaik Tingkat Nasional.

Oleh. L. Emmy.
Selasa 16 Agustus 2022.

LOMBOK BARAT -- Penilaian Lapangan Lomba Pengelolaan Sungai Tingkat Nasional oleh Direktorat Jenderal SDA Kementerian PUPR kepada KMPS Batu Dendeng Lingkungan Dasan Geres Selatan Kelurahan Dasan Geres Kec. Gerung Kab. Lombok Barat pada hari Senin (15/8/2022) di Sekretariat KMPS Batu Dendeng.

Ketua KMPS Batu Dendeng Umar Syarafudin, S.Pd menyampaikan latar belakang berdirinya komunitas ini. Lahirnya komunitas ini atas kerisauan generasi muda terhadap masalah sampah di sungai dan lingkungan. Sehingga disepakati untuk membentuk komunitas masyarakat peduli sungai yakni KMPS Batu Dendeng. "Komunitas ini berdiri atas kerisauan generasi muda akan masalah sungai dan lingkungan". Ungkapnya.

Lebih lanjut Ketua KMPS Batu Dendeng yang juga Lurah Dasan Geres ini menjelaskan mengenai program apa saja yang telah dilaksanakan oleh KMPS Batu Dendeng yakni clean up mitra, rumah pintar, patroli sungai, grebek selokan, penghijauan, pembibitan holtikultura, rekreasi dan memiliki program unggulan yaitu JABAT Sampah. JABAT Sampah merupakan singkatan dari Jemput Ambil Bersih Antar Tuntas Sampah.  Program ini dilakukan dengan sistem transit dimana tim yang bertugas mengambil sampah di rumah tangga dengan menggunakan gerobak dan kemudian akan diangkut oleh mobil sampah Dinas Lingkungan Hidup. "Program unggulan kami adalah JABAT Sampah". jelasnya.

Umar Syarafudin, S.Pd menambahkan bahwa dalam menjalankan program KMPS selama hampir empat tahun ini, KMPS Batu Dendeng telah memberikan prestasi yang membanggakan. Prestasi tersebut diantaranya Juara II Lomba Video Animasi 3D Tahun 2020 dan Juara I KMPS Tingkat Provinsi Tahun 2020 serta masih banyak prestasi yang lainnya. "Alhamdulillah syukur walau masih baru, kami sedikit banyak telah memberikan prestasi yakni pernah juara 1 Tingkat Provinsi". tambahnya.

Ia juga mengatakan bahwa KMPS Batu Dendeng memiliki harapan agar Sungai Dodokan dapat menjadi salah satu daerah wisata air edukasi.  Dengan adanya wisata ini dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sehingga ekonomi masyarakat membaik pasca Covid-19. Tentu ini bisa terwujud dengan adanya kolaborasi antara BWS, Pemda Lombok Barat dan KMPS.

 "Dengan adanya daerah wisata air ini diharapkan dapat membuka banyak lapangan pekerjaan serta membantu peningkatan ekonomi masyarakat". harapnya.

Dalam kesempatan ini juga ia menyampaikan terima kasih kepada Bupati Lombok Barat H.Fauzan Khalid serta Pemda Lombok Barat atas bantuan dan dukungan penuh yang diberikan sehingga KMPS bisa melaju hingga tahap ini. Menurutnya ia banyak mendapat inspirasi dari Bupati Lombok Barat H.Fauzan Khalid yang terus bergerak cepat dalam pembangunan di Lobar. Ia juga terinspirasi dari sejumlah keberhasilan dan prestasi prestasi hebat yang diraih oleh Pemerintah Daerah dibawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati H.Fauzan Khalid dan Hj Sumiatun.

 "Tentu ini semua atas dukungan dan support berbagai pihak utama pak bupati dan wakil bupati bersama Pemda Lobar serta seluruh masyarakat Lombok Barat. Kami mohon doa dan dukungannya agar KMPS dapat menjadi yang terbaik,"ujarnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar