SPACE IKLAN

header ads

Perencanaan Berbasis Data di Satuan Pendidikan di Lombok Barat Akan Dimulai

Bupati Lombok Barat (Lobar) H. Fauzan Khalid menghadiri Rapat Koordinasi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP se- Kabupaten Lombok Barat diLesehan Taufik II, Senin (8/8)

Oleh. L. Emmy.
Senin 8 Agustus 2022.

LOMBOK BARAT - Bupati Lombok Barat (Lobar) H. Fauzan Khalid menghadiri Rapat Koordinasi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP se- Kabupaten Lombok Barat di Lesehan Taufik II, Senin (8/8). 

"Saya sampaikan pada kesempatan ini sejak Covid-19 sampai sekarang kita masih kesulitan dalam konteks fiskal daerah. Kesulitan ini dialami oleh semua daerah di seluruh Indonesia dan bahkan di seluruh dunia. Karena keterbatasan ini juga kita berusaha semaksimal mungkin," ungkap Bupati Fauzan Khalid dihadapan semua kepala sekolah. 

Mantan Ketua KPU Provinsi NTB ini berharap kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Barat untuk terus berkreasi untuk menutupi kekurangan itu. 

"Pada tahun 2023 mendengar pidato bapak Presiden Joko Widodo beberapa hari yang lalu kondisinya akan lebih sulit untuk fiskal daerah. Apalagi konteks kita di daerah akibat Covid-19, kemudian karena ada umnibus low beberapa wewenang diambil oleh pusat," imbuhnya. 

Ayah dua anak ini menyebutkan, proses pembelajaran untuk program selaras akan dimulai bulan September mendatang dengan perencanaan yang berbasis data di satuan Pendidikan di masing-masing sekolah di Lombok Barat. 

"Saya mohon kepada pak Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Barat untuk perencanaan ini dikawal kepada teman-teman kepala sekolah supaya teliti dalam konteks data. Melalui data ini kita dapat membuat program yang valid, melihat kemampuan secara obyektif dan melalui data ini kita bisa menetapkan andalan di suatu sekolah," tutupnya. 

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lobar H. Nasrun mengatakan, tujuan dari kegiatan ini untuk perencanaan yang berbasis data. 

"Jadi untuk perencanaan yang berbasis data ini sudah kita berikan materi kepada semua Kepala Sekolah mulai dari jam 8 sampai 12 siang tadi. Mudah-mudahan apa yang sudah disampaikan bisa ditindaklanjuti di masing-masing sekolah," katanya. 

Dia mengingatkan kepada seluruh kepala sekolah bahwa perencanaan berbasis data ini sumbernya ada tiga meliputi, Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), Data Pokok Pendidikan atau Dapodik, dan Uji Kompetensi Guru (UKG). 

"Sumber-sumber data seperti ini perlu kita perkuat dan memang itu sumber data untuk perencanaan yang berbasis data ini," tutupnya. 

Rapat Koordinasi tersebut juga hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lobar H. Nasrun, Ketua PGRI Lobar Tajudin serta seluruh Kepala Sekolan SMP se-Kabupaten Lombok Barat.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar