SPACE IKLAN

header ads

Wabub Dompu, Terima Kunjungan dan Serah Terima Mahasiswa KKN TMBKM STIE Bima Angkatan XX Tahun 2022

Wabub Dompu, Terima Kunjungan dan Serah Terima Mahasiswa KKN TMBKM STIE Bima Angkatan XX Tahun 2022.

Oleh. Ipul.
Rabu 10 Agustus 2022.

DOMPU -  Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan ST. MT dan Staf Ahli Bidang Keuangan Masyarakat dan SDM Ir. Syarifudin, menerima kunjungan Silaturrahim dan serah terima mahasiswa KKN Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (TMBKM), Kampus STIE Bima di ruang rapat Wakil Bupati, Selasa (09/08/22).

Rombongan KKN STIE Bima angkatan  20 tahun 2022 yang berjumlah 30 orang, dipimpin langsung Ketua Pelaksana Muhajirin, SE. MM dan sejumlah dosen pembimbing.

Rencananya akan mengadakan kegiatan selama Bulan Agustus s/d September di Desa Raba Baka Kecamatan Dompu.

Syahrul Parsan ST. MT dalam arahannya mengatakan, KKN Mahasiswa pada umumnya berorientasi pada pekerjaan fisik, padahal pekerjaan non fisik berupa pelatihan peningkatan kapasitas SDM masyarakat dan aparat Desa tak kalah pentingnya.

Di Pedesaan masih banyak ditemukan aparat desa yang kurang paham tentang pengelolaan ADD ataupun DDA, oleh karena itu kedatangan anak-anakku dari STIE jurusan Ekonomi Manajemen bisa membantu mengajarkan atau sharing ilmu kepada mereka, bagaimana mengelola manajemen keuangan desa dengan baik.

“Desa yang makmur dan masyarakatnya bisa sejahtera berawal dari manajamen pengelolaan keuangan desanya, dan hal ini sejalan dengan disiplin ilmu kalian pada hari ini,” ungkap Wabup.

Wabup melanjutkan, sebelum melakukan kegiatan KKN di desa yang akan dituju, saya harapkan kepada rekan mahasiswa bisa mensurvey dengan detail kebutuhan serta masalah utama yang terjadi di masyarakat, serta berusaha mengenal karakteristik warganya.

“Hal ini menjadi penting agar KKN yang dilakukan bisa berjalan lancar dan sukses dan ketika meninggalkan tempat KKN ada perubahan  positif yang dirasakan oleh masyarakat,” imbuhnya.

Sebelumnya Ketua Pelaksana KKN STIE Bima Muhajirin SE. MM menyampaikan kegiatan ini lakukan dalam rangka sebagai wujud nyata implementasi  salah satu Tri Dharma  Ketiga Perguruan Tinggi yakni Pengabdian Kepada Masyarakat.

Muhajirin melanjutkan penyampaiannya, ada beberapa item kegiatan yang akan kami lakukan yakin:

1. Program Kemanusiaan terjun langsung ke lapangan membantu kegiatan masyarakat, 

2. Kewirausahaan berupa pemberdayaan masyarakat berupa pelatihan wirausahawan,

3. Proyek Desa dengan swadaya yang kami miliki membantu membangun perbaikan sarana prasarana yang ada didesa dan, 

4. Proyek Independen, berupa pelatihan pengelolaan koperasi desa dan Bumdes.

“Nantinya akan menjadi fokus utama kami pada program KKN kali ini pada poin kedua yakni program pelatihan kewirausahaan karena ini menjadi basic utama kampus STIE bima, melahirkan dan mencetak wirausahawan sebanyak-banyaknya," ujarnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar