SPACE IKLAN

header ads

Bupati Dompu; Hadiri Acara World Clean Up Day

Bupati Dompu; Hadiri Acara World Clean Up Day.

Oleh. Ipul
Sabtu 17 September 2022.

DOMPU - Bupati Dompu, H. Kader Jaelani dan Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST., MT, menghadiri Acara World Clean Up Day dengan Tema “Bersama Untuk Indonesia Bersih dalam mendukung Dompu Berjasa (Dompu Besih, Hijau, dan Sehat).

Kegiatan ini di gelar Minggu (17/09/22) dan dilakukan serentak yang di pusatkan di beberapa titik seperti di Kecamatan Dompu berlokasi di lingkungan pasar bawah (Jembatan Sori Silo), Kelurahan Karijawa (Sungai Belakang Kampung Sigi), Desa Mangge Asi (Pinggir Jalan dari Pertigaan Karama Bura O’o sampai dengan pertigaan penggilingan Putra Indonesia.

Acara ini melibatkan seluruh elemen daerah seperti Pimpinan OPD, Unsur TNI-Polri, Camat, Koni, KNPI, PMI, GOW, STIE Yapis, Kepala Sekolah, Pengurus dan Anggota TP. PKK, dan elemen penting lainnya.

Hadir di momen ini, Bupati Dompu, H. Kader Jaelani mengingatkan semua elemen daerah, hendaknya pola kehidupan bersih dan sehat dapat menjadi budaya.

“Hendaknya pola kehidupan yang bersih dan sehat dapat menjadi budaya bagi kita semua," ucapnya.

Lanjutnya bila kehidupan yang bersih dan sehat telah menjadi budaya maka setiap individu tidak harus di paksa-paksa lagi untuk bisa hidup bersih dan sehat, namun karena sudah menjadi budaya maka kehidupan yang bersih dan sehat itu menjadi kebutuhan.

Berikutnya Bupati H. Kader Jaelani menyampaikan dengan dilaksanakannya kegiatan World Clean Up Day, yang membuat semua pihak terlibat di dalamnya, mendorong bangkitnya kesadaran masyarakat untuk terbiasa dengan pola hidup yang bersih dan sehat.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini, mampu mendorong semua pihak untuk bangkit kesadarannya sehingga pola hidup sehat dan bersih dapat terus diwujudkan di berbagai tempat di daerah ini," terangnya.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Jufri, ST., MT menyebut kegiatan World Clean Up Day merupakan tindak lanjut dari Surat Direktur Jenderal Pengelolaan sampah, Limbah dan bahan Berbahaya dan Beracun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

“Kegiatan dimaksud merupakan tindak lanjut dari Perintah Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Nomor Surat: S.518/PSLB3/PUS/PLB.2/8/2022 Tanggal 22 Agustus 2022 perihal dukungan pelaksanaan kegiatan World Clean Up Day.

Kemudian Jufri mengungkapkan hal yang sama kegiatan yang dilakukan tersebut juga untuk menindaklanjuti surat Edaran Gubernur NTB Nomor: 050/6159/PPL-PULHK/2022 tentang Dukungan dan Partisipasi Kegiatan World Clean Up Day tahun 2022.

Diakhir penyampaiannya dengan dilaksanakannya kegiatan Worl Clean Up Day, Kadis Jufri meminta dukungan semua pihak untuk mensukseskan kegiatan ini untuk mewujudkan  Dompu Berjasa (Dompu Bersih, Hijau dan Sehat).

Kata Jufri, untuk mensukseskan kegiatan dimaksud, diminta dukungan dan partisipasi dari semua pihak antara lain;

Lurah dan Kades untuk menggerakan warganya guna melakukan kegiatan pilah sampah dari rumah dan hasil clean up tersebut dapat dilaporkan melalui laman linkktr.ee/wedid.ntb atau dapat dikirim ke WA Group OPD Kabupaten Dompu atau WA Group pamong Praja Kabupaten Dompu

Kegiatan berjalan aman, tertib dan lancar dengan mendapatkan dukungan yang baik dari semua pihak, dengan harapan kegiatan ini tidak bersifat seremoni saja namun menjadi bagian dari kesadaran dari semua pihak untuk membiasakan diri pada pola kehidupan yang bersih dan sehat.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar