SPACE IKLAN

header ads

Majelis Adat Sasak (MAS) Menggelar Sangkep Beleq Selama 2 Hari

Foto Istimewa.

Oleh. ll
Jumat 16 Desember 2022.

MATARAM, WARTABUMIGORA - Majelis Adat Sasak (MAS) Menggelar Sangkep Beleq yang ke- V (Lima) bertempat di Wisma Tambora Jalan. Pemuda Kota Mataram, Sabtu (17/12/2022).

Sangkep Beleq yang ke- V  tahun 2022 bertujuan untuk menunjang dan mendukung serta membangun tata kelola,yang massif, sistematis dan terstruktur serta komprehensif. 

Sangkep  Beleq V  MAS tahun ini mengangkat tema:,“Peririq Bale Langgak, Jagak Gubuq Gempeng, Bine Dese Darat Gumi Paer Sasak”.

Menurut Ketua umum SC, Dr. H. L Sajim Sastrawan, bahwa  Sangkep Beleq V MAS tahun ini guna memperkuat peran strategis kelembagaan MAS atas kesepakatan bersama untuk dilaksanakan secara bertanggung jawab dan berkelanjutan.

,"Sangkep Beleq ini juga untuk memperkuat koordinasi, konsolidasi dan soliditas kelembagaan Majelis Adat Sasak (MAS), sebagai representasi penguatan Masyarakat Adat Sasak, "ucapnya,didampingi oleh SC Drs. H. Lalu Supardan ,pada Jum'at(16/12/2022). 

Selain itu juga guna memperkuat semangat visi dan gerakan untuk menanamkan  semangat Ke-Sasak-an menuju masyarakat adat Sasak yang bersatu, berwibawa dan berdaulat.

Sementara itu ditambahkan oleh Sekertaris OC , Agus Marta Hariadi, bahwa nantinya dalam kegiatan yang akan digelar selama dua hari yaitu Sabtu - Minggu (17-18/12-2022) ada sejumlah agenda yang dilakukan diantaranya penganugerahan penghargaan. 

,"Nanti ada a pemberian penghargaan kepada pimpinan 10  partai politik di NTB.,juga kepada sejumlah  tokoh masyarakat, "ucapnya.

Menurutnya pemberian penghargaan tersebut dilakukan atas dedikasi, komitmen dan integritas atas pemberdayaan, pengembangan, pembangunan dan pembelaan atas nilai - nilai dan marwah suku bangsa Sasak. 

Ditambahkan oleh Ketua OC, Lalu  Prima WP, bahwa  sejumlah tamu yang diundang menghadiri  Sangkep Beleq V ini diantaranya dari kalangan partai politik, Perguruan Tinggi, pemerintah,pair. Diaspora, tokoh adat ,tokoh perempuan,tokoh ormas. tokoh etnis lain yang ada di gumi sasak. tokoh lintas agama sasak. 

Perlu diketahui bahwa  Sangkep Beleq V Majelis Adat Sasak tahun 2022, merupakan agenda lima tahunan  yang telah diatur dalam AD –ART dan Garis Besar Haluan Kerja (GBHK) MAS.

Diakhir kegiatan Sangkep Beleq V ,nanti akan ada  deklarasi piagam gumi Sasak yang merupakan perjanjian dan pernyataan sikap bersama masyarakat suku bangsa Sasak yang berbentuk Piagam Gumi Sasak, yang ditanda tangani oleh Pengelingsir (sesepuh) adat Sasak dan pemuka adat Sasak termasuk Pemban Majelis Adat Sasak (MAS).

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar