SPACE IKLAN

header ads

Menakjubkan, Gili Kalong Destinasi Wisata Paling Indah di Sumbawa Barat

Foto. Istimewa.

Oleh. Amir
Senin 10 April 2023.

SUMBAWA BARAT, WartaBumigora -Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyimpan berbagai destinasi wisata yang akan memanjakan wisatawan.

Jika selama ini di NTB hanya terkenal dengan keindahan laut dan pantai seperti Gili Trawangan dan pantai Mandalika. Ternyata di KSB ada juga tempat yang sangat indah bak serpihan surga, salah satunya adalah Pulau Kalong, atau yang dikenal dengan Gili Kalong.

Gili Kalong terletak tepat di deretan pulau pulau kecil di desa Poto Tano, lokasi sangat dekat dengan pelabuhan Poto Tano yang menghubungkan pulau Lombok dan Sumbawa.

Luas Gili Kalong ini sekitar 200 Hektare dengan pemandangan laut dan bukit yang sangat menakjubkan. Perbukitan yang tidak terlalu curam dan diselimuti rumput ilalang berwarna hijau menyatu bak bukit di serial anak Teletubbies.

Tak hanya perbukitan, Gili Kalong ini juga terkenal dengan pasir pantai yang berwarna putih dan halus berpadu dengan hijaunya air. Saking jernihnya, siapapun yang berkunjung ke pulau ini bisa melihat beraneka ragam biota laut dengan ukuran bervariasi. Semuanya terlihat dari atas perahu.

Dijadikan Destinasi Wisata

Pulau Kalong ini menjadi destinasi favorit para pelancong baik lokal maupun asing. Lokasinya yang gampang diakses membuat tempat ini sebagai primadona. Hal itu diungkapkan oleh salah seorang pelancong asal Lombok, Dika.

"Saya mendapat informasi tentang keindahan pulau ini dari teman teman saya, akhirnya saya ke sini dan saya merasa ini adalah surga tersembunyi di pulau Sumbawa," kata dia.

Dika mengatakan, sejak ia berangkat dari poto tano, ia sudah mulai takjub dengan deretan bukit pulau Kalong ini yang berbentuk seperti lukisan anak kecil, ya itu dua gunung yang kemudian muncul dari tengahnya Matahari.

Terlebih, saat ia berada di pinggiran pantai, ia mengaku merasakan sesuatu yang tidak pernah dirasakan sebelumnya. Pasir yang begitu putih dan air laut yang tenang berwarna hijau tosca hingga kebiruan dengan karang yang terjaga.

"Saya lihat banyak ikan ikan dari atas kapal, saya pun tidak tahan untuk berenang, ternyata sangat menakjubkan," kata dia.

Salah seorang pemerhati wisata setempat, Burhan mengatakan, Gili Kalong ini berbeda dengan yang lainnya dan bisa dikatakan ini pantai terindah, sebab pantainya sangat alamiah dan lokasi Gili tersebut yang jauh dari kebisingan.

Selain itu, pantai Gili Kalong juga jarang diterjang ombak, karena ditutup oleh pulau Panjang. Sehingga, sangat aman untuk berenang apa lagi menyelam.

"Di depan sana ada pulau panjang yang menjaga pulau ini dari ganasnya ombak. Banyak yang datang menyelam kesini karena merasa sangat aman," kata Burhan.

Dilirik Investor

Saat ini Gili Kalong sudah dilirik oleh investor asal Swedia, yang akan membangun resort bertemakan eco wisata. Investor dengan perusahaan PT Gili Kalong Lestari (GKL) ini berencana akan memulai pembangunannya pada tahun ini.

Ditemui di pulau tersebut, Komisaris PT GKL, Niclas Adler mengatakan bahwa perusahaannya sudah siap untuk berinvestasi di pulau ini dengan nilai Investasi sebesar 100 juta Dollar.

Niclas mengatakan sangat tertarik dengan pulau ini karena menurutnya, ia tidak pernah menemukan sebuah pulau yang unik dengan bentuk bukit yang melengkung, savana yang indah dan pantai yang bening dan bersih.

"Saya tidak pernah menemukan tempat seperti di negara manapun. Saya sudah berkeliling ke hampir 50 negara, dan tempat ini menurut saya sangat Fantastis," kata Niclas.

Adapun Siteplan atau rencana pembangunan pulau Kalong, kata dia, akan menggunakan Renewable Energy (Energi Terbarukan) dengan bahan bahan alami yang ramah lingkungan.

Sementara bahan baku yang akan digunakan adalah segala yang berbahan dari kayu dan batu alam. Ia menambahkan, selama proses pembangunan nantinya akan memberdayakan masyarakat setempat dalam semua aspek pembangunan.

"Mereka (warga setempat) akan kami berdayakan 100 persen dalam pembangunan Eco tourism resort ini. Jadi keberadaan investasi kami akan mendatangkan manfaat bagi semua warga," kata Niclas Adler.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar