SPACE IKLAN

header ads

Wahana Pencinta Alam NTB Keluarkan Pernyataan Protes Atas Klaim Direktur Portir Indonesia Internasional

Foto. Istimewa.

Oleh. Ryan.
Senin, 30 Oktober 2023.
Editor, Lalu Muhasan.

MATARAM, Wartabumigora-Wahana Pencinta Alam NTB (WANAPALA NTB),  Mengeluarkan pernyataan protes terhadap klaim yang disampaikan oleh Direktur Portir Indonesia Internasional, Maya Yuliana. Pernyataan tersebut dianggap tidak berdasar dan tidak memahami perbedaan antara pecinta alam dan pendaki.

Wanapala NTB, melalui Alfi Zakki selaku Wakil Ketua Bidang Studi Penelitian, yang juga merupakan mantan Ketua MAPALA Gerakan Mahasiswa Pecinta Alam Rinjani, Universitas Gunung Rinjani (GEMPAR UGR  Lombok Timur) dengan tegas menyampaikan bahwa pernyataan Maya Yuliana yang menyebutkan kalangan pencinta alam sebagai penyumbang sampah terbesar di kawasan Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat, dianggap sebagai generalisasi yang tidak tepat. Alfi menegaskan bahwa sebagian besar pecinta alam memiliki kesadaran tinggi akan pentingnya melestarikan keindahan alam, termasuk kebersihan lingkungan.

"Kami ingin menyampaikan bahwa pecinta alam  juga adalah pelindung alam. Kami selalu berupaya untuk meninggalkan jejak yang minimal saat melakukan kegiatan di alam bebas, harus dipisahkan antara Penikmat alam, Penggiat Alam dan Pencinta Alam," katanya. 

" Siapapun yang mendeklarasikan dirinya sebagai pencinta alam maka akan terikat dengan kode etik pecinta alam, di dalam pendidikan pecinta alam, baik yang berbentuk komunitas maupun Mahasiswa (MAPALA) dan Siswa (Sispala) hal dasar yang ditanamkan adalah bagaimana menjadi kader-kader lingkungan, bahkan setiap kali ada agenda clean up di Jalur Pendakian Gunung Rinjani, teman-teman MAPALA, KPA selalu menjadi relawan utama yang bersinergi dengan TNGR." sambungnya. Senin (30/10/2023).

Dari Pernyataan protes ini, kami berharapa Maya juga menggaris bawahi perlunya pemahaman yang lebih mendalam tentang perbedaan antara pencinta alam yang memiliki kesadaran lingkungan dan individu atau kelompok yang kurang memperhatikan dampak dari kegiatan mereka terhadap alam.

Juga agar pernyataan Maya  dapat diperhatikan secara serius dan dihindari klaim yang tidak berdasar terkait dengan komunitas pecinta alam yang telah lama berkontribusi dalam pelestarian alam. 

"Dengan demikian, diharapkan pemahaman yang lebih baik dapat terbentuk mengenai peran dan tanggung jawab pencinta alam dalam menjaga kelestarian lingkungan." singkatnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar