SPACE IKLAN

header ads

Hoaks! Ratusan Sapi Hanyut Di Blitar Jawa Timur

Foto. Istimewa.

Rabu, 22 Mei 2024.
Oleh, ll
Editor, Baiq Nining.

𝓦𝓪𝓻𝓽𝓪𝗕𝗨𝗠𝗜𝗚𝗢𝗥𝗔.𝗜𝗗, JAWA TIMUR - Beredar sebuah video yang di unggah akun tiktok @yanaka menampilkan ratusan sapi terbawa arus yang cukup deras sempat beredar, dengan keterangan narasi " Ratusan Sapi yang hanyaut tersebut berlokasi di Blitar", Beredar luas di media sosial.

Penyebaran ini pun terjadi di berbagai media sosial. Cek Fakta Wartabumigora.id telah menelusuri beberapa klaim berupa video yang telah tersebar selama sepekan ini di berbagai media sosial.

Dalam unggahan video tersebut dibanjiri berbagai komentar oleh netizen.

Unggahan tersebut disertai dengan keterangan sebagai berikut:

" Daerah mana itu kak..semoga pada selamat, sehat warga dan masiarakatnya"

" Ya Allah selamatkan kerbau semoga cepat surut"

" sama2 harap yang punya ternakan harap bersabar ya.....Amin"


Setelah di cek kebenaran informasinya, narasi yang beredar adalah tidak benar atau Hoaks.

Video yang beredar merupakan pristiwa yang terjadi di Mexico, saat itu puluhan sapi hanyut setelah sungai Zacu Alfan meluap. Sungai meluap diakibatkan badai Trops Hanna yang menyebabkan hujan lebat.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar Jawa Timur, Iyong Bettryanto menyatakan bahwa, banjir di daerah Blitar (Jawa Timur) disebakan intensitas hujan yang sangat tinggi, sehingga tidak beberapa wilayah tidak sanggup menampung debet air dan air, akhirnya mengalir ke daerah dibawahnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Blitar tidak memberikan tanggapan mengenai beredarnya sebuah video tentang ratusan sapi yang hanyut, karena kejadian tersebut tidak pernah ada di blitar.

Jadi video ratusan sapi yang hanyut yang diklaim terjadi di Blitar adalah tidak benar atau Hoaks.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar