SPACE IKLAN

header ads

Ketua DPRD Sumbawa Bangun Kordinasi Pembangunan Sport Center di Kementerian PUPR

Foto. Istimewa

Kamis, 16 Mei 2024
Oleh. Tm
Editor. Baiq Nining

𝓦𝓪𝓻𝓽𝓪𝗕𝗨𝗠𝗜𝗚𝗢𝗥𝗔.𝗜𝗗, 𝗝𝗔𝗞𝗔𝗥𝗧𝗔 -Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq SH bersama Wakil Ketua Nanang Nasiruddin SAP M.M.Inov melakukan konsultasi ke Direktorat Prasarana Strategis Kementrian PUPR RI di Jakarta (8/5/2024) dalam rangka membangun komunikasi dan koordinasi pengembangan dan pembangunan Sport Center di Kawasan Samota Sumbawa Besar Provinsi NTB.

Hadir pula mendampingi Sekretaris DPRD Ir A Yani, Tim Ahli DPRD  Rombongan diterima oleh Nurdien Aji, ST., M.SE Ketua Tim Wilayah II C Direktorat Prasarana Strategis, Direktorat Jenderal Cipta Karya bersama jajaran di Lantai I Aula Direktorat Prasarana Strategis.

Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq menyampaikan rombongan dari Kabupaten Sumbawa hadir untuk menjalin silaturahmi dan Kordinasi terkait dengan hajat pemerintah daerah kabupaten Sumbawa membangun Sport Center di Kawasan Samota Sumbawa. " Kami datang sebagai wujud menjaga kemitraan dengan eksekutif dalam membangun Daerah khususnya kali ini dibidang prasarana olahraga. Proposal udah disampaikan pada bulan September lalu ke Kemenpora dengan ditembuskan kepada Kementerian PUPR. Inilah yang ingin kami koordinasikan progres dari usulan tersebut" Ujar Rafiq yang juga ketua DPC PDI Perjuangan Sumbawa.

Atas hal tersebut, Nurdien menanggapi bahwa Surat dari DPRD Kabupaten Sumbawa telah diterima yang ditujukan langsung kepada Dirjen Cipta Karya, sementara disposisi dari Menteri PUPR belum ada.

"Kami permakluman bahwa pak Dirjen belum bisa menerima langsung kedatangan Ketua DPRD karena tugas luar daerah, Kami diberikan amanah untuk menerima. Kami sebagai ketua Tim II C bersama dengan jajaran akan memberikan informasi terkait program yang diusulkan" Ucap Nurdien.

Kemudian lanjutnya Sebelumnya adanya Asian Games di Indonesia,  pada intinya Kementerian PUPR tidak bertugas menangani prasarana olahraga dari kemenpora. " cuma sejak persiapan Asian games memang kami ditugaskan oleh bapak Presiden untuk membantu Kemenpora menyiapkan Prasana Asian games dan kemudian berikutnya ada penugasan-penugasan khusus  jika ada event internasional Indonesia akan menjadi tuan rumah. Untuk kegiatan olahraga kami berapa kali membantu pembangunan prasarana seperti Piala dunia lomba balap sampan, juga PON Papua dan sekarang PON Sumut Aceh" Tuturnya 

"Jadi pada dasarnya kami tugasnya melakukan apa yang diperintahkan Bapak Menteri biasanya melalui  penugasan" Imbuhnya. 

Masih kata Nurdien, terkait  dengan gedung olahraga kami mengerjakan apa yang menjadi rekomendasi dari sektor kementerian teknis seperti kemenpora, Kembdibud, Kemendag dan sebagainya. terkait dengan persiapan PON 2028 levelnya adalah Pemprov dirinya menyarankan untuk disampaikan juga kepada Pemprov oleh Pemerintah Kabupaten. 

"Meskipun demikian silakan Bapak mengusulkan surat resmi permohonan kepada Menteri PUPR yang suratnya ditujukan kepada kemenpora dan Kemenpora memberikan rekomendasi kepada PUPR. Karena ini merupakan penugasan khusus pada dasarnya kami membantu kemenpora" Ungkap Nurdien

Diakunya bahwa Kementerian Teknislah yang lebih tahu kebutuhan prasarana pembangunan, seperti olahraga maka cabang olahraga apa yang akan dibangun atau dikerjakan sehingga sangat membutuhkan rekomendasi kemenpora. Kalau  membutuhkan bantuan pembangunan prasarana olahraga, Direktorat Prasarana Strategis Dirjen Cipta Karya membutuhkan surat resmi dari Kemenpora.

Dia menekankan agar pemerintah daerah menyiapkan  DED-nya (detail Engineering Design _red) yang akan sangat membantu di dalam pelaksanaan pembangunan tersebut. 

"Silakan bersurat ke Kemenpora nanti ditembuskan ke PUPR,  karena PUPR hanya menerima mandat untuk mengerjakan fisik. Kami hanya membantu saja dan tidak hanya sarana olahraga tapi juga ada sekolah madrasah dan Pasar oleh Kementerian  Perdagangan.

Dalam kesempatan itu Nurdin menyampaikan beberapa kegiatan pembangunan yang telah dikerjakan di Kabupaten Sumbawa dari tahun 2021 sampai dengan 2023 dengan sistem Paket Gabungan maupun tersendiri diantaranya adalah Rehabilitasi sarana pendidikan SDN Buin Rare Kecamatan Plampang, Dengan nilai kontrak Rp. 2,889 M MTSN 4 Kab Sumbawa dengan nilai kontrak Rp 2,612 M, MAN 2 Sumbawa dengan nilai kontrak Rp 5,28 M,  MIN 4 Kab Sumbawa dengan nilai kontrak Rp 4,917 M 

PUPR mendapat masukkan rekomendasi lokasi dari Kementerian Pendidikan dengan program rehabilitasi dan renovasi prasarana pendidikan. PUPR mengerjakannya, membantu dari sektor teknis. Sementara untuk bidang olahraga yang memungkinkan adalah cabor unggulan karena buktinya sudah ada saat pelaksanaan PON di Papua dan di Sumatera Utara sebagai tuan rumah. 

"Untuk mendapatkan perintah dari pak Menteri ini juga membutuhkan komunikasi yang intensif.Untuk mengerjakan fisik prasarana gedung olahraga PON juga membutuhkan waktu yang lama sehingga membutuhkan kerjasama semua pihak. Alangkah baiknya kalau memang mengusulkan membuat perencanaan dan DED" Pungkas Nurdien .

Atas hal tersebut Ketua DPRD Abdul Rafiq menyampaikan gayung bersambut kedatangannya ke kementrian juga langsung membawa proposal usulan dan master plan-nya. "Kami datang hari ini menyampaikan master plan pengembangan pembangunan Samota dalam bentuk  hardcopy dan softcopy untuk persiapan PON XXIi NTB - NTT  Tahun 2028 karena Sumbawa diusulkan  sebagai salah satu tuan rumah  untuk beberapa cabor yang di plot setelah dikunjungi oleh KONI pusat. ada tiga cabang yaitu beladiri panahan dan kano. Saat ini Kami belum bergerak sama sekali dalam pembangunan  prasarana, sementara surat kepada Kemenpora sudah kami berikan baik Proposal, Master plan dan DEDnya. Dan hari ini kami juga akan serahkan fotocopy proposal lengkap dengan master plan dalam bentuk hardcopy maupun softcopy" Terang Rafiq.

Dilanjutkan dengan penyerahan proposal dan Master plan pengembangan Kawasan Samota oleh ketua DPRD kepada Ketua Tim II C Direktorat Prasarana Strategis Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR RI.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar