SPACE IKLAN

header ads

Rektor UNMBO Resmi Melantik Dan Ambil Sumpah Satgas PPKS

Rektor UNMBO Resmi Melantik Dan Ambil Sumpah Satgas PPKS.

Sabtu, 4 Mei 2024.
Oleh, Eldan.
Editor, Baiq Nining.

𝓦𝓪𝓻𝓽𝓪𝗕𝗨𝗠𝗜𝗚𝗢𝗥𝗔.𝗜𝗗,𝗞𝗢𝗧𝗔 𝗕𝗜𝗠𝗔 -Universitas Mbojo (UNMBO) Bima resmi melantik dan mengambil sumpah Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) oleh Rektor Dr. Rifai Sos.M. Si. di ruang rapat UNMBO pada Sabtu, 4 Mei 2024, 13 (tiga belas) orang anggota satgas PPKS yang terdiri dari 5 (lima) orang Dosen, 1 (satu ) tenaga Kependidikan, dan 7 (tujuh) Mahasiswa.

Rektor UNMBO Dr. Rifai Sos.M. Si. dalam sambutannya menegaskan komitmen Universitas Mbojo Bima sebagai pionir penanganan dan pencegahan kekerasan seksual. “Peran Universitas Mbojo terhadap kekerasan seksual bukan dimulai hari ini, sudah lama kita menaruh perhatian terhadap isu ini.

Dr. Rifai Sos.M. Si. sudah mempersempit ruang perilaku kekerasan seksual di lingkungan kampus, dan semua anggota Satgas telah dinyatakan lulus setelah melewati beberapa tahapan tes," tegasnya.

"Para anggota pansel tersebut telah mengikuti seleksi oleh panitia Seleksi (Pansel) PPKS Universitas Mbojo Bima dengan serangkaian tes, seperti administrasi dan wawancara. Pansel yang melakukan seleksi sebelumnya telah mengikuti pelatihan di LMS Pusat Pengembangan Karakter (Puspeka) Kemendikbudristek RI dan lulus seleksi. Setelah lulus pelatihan Pansel mengikuti Uji Publik dan selanjutnya ditetapkan dengan surat keputusan Rektor Universitas Mbojo Bima" Jelas Rektor UNMBO.

Dr Rifai Sos.M. Si. berharap pembentukan Satgas PPKS dapat menumbuhkan kesadaran kolektif untuk bersama-sama mencegah dan menangani isu kekerasan seksual. “Kegiatan yang seharusnya tidak boleh itu bisa jadi karena sudah berlangsung lama dianggap baik-baik saja, sehingga sensitivitas ini perlu diasah dengan edukasi, dengan kampanye, hingga porsi pencegahan ini bisa dijalankan dengan baik dengan meningkatkan literasi. Ini penting, tentu saja perlu dicari cara-cara yang pas supaya pesan sampai dengan baik tanpa gaduh dan tidak mengesankan tindakan-tindakan yang berlebihan," pungkasnya.

Meskipun ini adalah Satgas PPKS pertama pada kampus orange, Dr Rifai Sos. M. Si. menyampaikan bahwa sebelumnya UNMBO telah melakukan berbagai langkah dalam mengatasi isu kekerasan seksual. “Ini Satgas yang pertama tapi bukan berarti gratis star bagi kami untuk penanganan kekerasan seksual, sehingga tidak disalahartikan sejak dulu kami punya kepedulian soal ini di peraturan disiplin mahasiswa, kode etik dosen di peraturan universitas terkait dengan perbuatan asusila dan gender equal, semua itu sudah kami lakukan, jadi sudah lama”, tutupnya. 

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar