SPACE IKLAN

header ads

Ke - 6 kalinya Batik Omah Laweyan Solo Menyelenggarakan Khitanan Massal

Foto. Istimewa.

Sabtu, 29 Juni 2024.
Oleh, Mell.
Editor, Baiq Nining.

𝓦𝓪𝓻𝓽𝓪𝗕𝗨𝗠𝗜𝗚𝗢𝗥𝗔.𝗜𝗗, 𝗦𝗨𝗥𝗔𝗞𝗔𝗥𝗧𝗔 - Diakhir bulan Juni sebahagian dari Anak - anak memasuki kenaikan kelas sekolah, maupun pendaftaran sekolah hingga masa libur sekolah dan biasanya para orang tua meng-khitan anak-anaknya yang sudah memasuki usia ataupun sudah punya keberanian untuk melakukan.

Hal ini pula yang dilakukan oleh Batik Omah Laweyan Solo dengan menyelenggarakan kegiatan Khitanan Massal yang diikuti 100an anak-anak. Kegiatan ini sudah berlangsung terhitung ke - 6 kalinya dilakukan dengan tujuan memberikan layanan khitan secara gratis kepada anak-anak, sekaligus menyerahkan bantuan uang saku, peralatan sekolah, sarung, dan kaos. Bertema “Generasi Bangsa Dukung Garuda Muda" kegiatan Khitanan atau Sunat Massal berlangsung di Kopi Saudagar di Jl. Gondosuli No.125, Laweyan, Kec. Laweyan, Kota Surakarta (29/6/2024).

Heru Cahyono selaku pemilik Toko Batik Omah Laweyan menjelaskan "Khitan tak hanya perintah agama bagi umat muslim. Namun memiliki sejumlah manfaat kesehatan, seperti menghindari risiko penyakit menular, mencegah infeksi saluran kemih, bahkan mencegah kanker".

Dalam kegiatan Khitanan Massal ini, lanjut Heru, bekerjasama dengan RS. PKU Muhammadiyah Solo dengan menggunakan metode laser serta memberikan pendampingan dan penyuluhan terkait pentingnya menjaga kesehatan, hygiene pribadi setelah menjalani khitan. Hal ini bertujuan agar anak-anak yang menjalani khitanan dapat merawat lukanya dengan baik dan meminimalkan risiko infeksi.

Di sisi lain, KGPAA Mangkunegara X atau yang biasa disapa Gusti Bhre Cakra turut hadir dalam acara ini memberikan semangat kepada anak-anak. 

"Saya hanya menyemangati anak-anak saja. Tentunya tadi ada anak-anak yang deg-degan, ada yang santai dan macam-macam. Hebatlah anak-anak ini, rame-rame dan pada semangat semua," ucapnya

Dirinya juga mengapresiasi Heru dalam melaksanakan kegiatan sosial khitanan massal, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Sebagai informasi, kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua RT dan RW setempat, Lurah Laweyan, Kapolsek Laweyan Danu Herlambang.   


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar