SPACE IKLAN

header ads

Lapas Lombok Barat Lakukan Simulasi Antisipasi Bencana

Foto. Istimewa.

Kamis, 13 Juni 2024.
Oleh, Laila.
Editor, Baiq Nining.

𝓦𝓪𝓻𝓽𝓪𝗕𝗨𝗠𝗜𝗚𝗢𝗥𝗔.𝗜𝗗,𝗟𝗢𝗠𝗕𝗢𝗞 𝗕𝗔𝗥𝗔𝗧 - Antisipasi bencana alam & kebakaran, Lapas Kelas IIA Lombok Barat bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Alam Daerah (BPBD)  dan Dinas Pemadam Kebakaran (DAMKAR) Kabupaten Lombok Barat menggelar kegiatan simulasi evakuasi bencana, penanggulangan kebakaran dan penanganan medis darurat pada Kamis, 13/06/2024.

“Kegiatan hari ini menjadi langkah awal pencegahan dan penanganan ketika terjadi bencana alam dan juga kebakaran, jadi tidak hanya petugas saja tapi warga binaan juga kita libatkan,  kita berikan edukasi dan juga praktek langsung di lapangan,” tutur Kepala Seksi Keamanan dan Ketertiban, M Pauzan.

Melibatkan seluruh petugas dan perwakilan dari warga binaan Lapas Lombok Barat, para peserta kegiatan berkesempatan melakukan praktek cara pengendalian api ketika terjadi kebakaran seperti penggunaan karung goni basah dan juga alat pemadam api ringan (APAR) serta evakuasi dan penanganan medis terhadap korban bencana dengan tepat dan sigap.

Sementara itu Kepala Bidang Oprasional dan Pengendalian Bencana (Opdal) BPBD Lobar, M Tohri menegaskan bahwa kegiatan ini terjalin sebagai bentuk sinergitas antara Lapas, BPBD dan Damkar Lombok Barat.

“Alhamdulillah, kegiatan simulasi hari ini berjalan dengan lancar berkat kerjasama antara Lapas, BPBD dan Damkar Lombok Barat, selama kegiatan berlangsung semangat para peserta simulasi baik dari unsur petugas Lapas maupun warga binaan sudah menguasai langkah langkah penanganan bencana dengan cepat dan tepat,” Ucap M Tohri.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Lapas Lombok Barat M Fadli menjelaskan bahwa kegiatan ini, merupakan bukti sinergitas 3 instansi dan bentuk deteksi dini terkait gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas.

“Ini menjadi salah satu bukti sinergitas dan deteksi dini kita antara Lapas Lobar dengan BPBD Lobar dan juga Dinas Damkar Lobar. Kegiatan seperti ini harus rutin kita laksanakan, kita tidak pernah tau kapan bencana akan datang dan mau tidak mau kita harus siap untuk mengantisipasinya,” tutup M Fadli.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar