SPACE IKLAN

header ads

Lima Pasar di Lombok Barat Jadi Contoh E-Retribusi

Lima Pasar yang ada di Kabupaten Lombok Barat akan menjadi Percontohan E Retribusi.

WARTABUMIGORA. Lombok Barat - Pihak PT. Kurnia Prisma Nusantara melaksanakan koordinasi dengan pihak Pemda baik DLH dan Dishub terkait Retribusi Sampah, dan  Retribusi Parkir, di 5 Pasar yang ada di Kabupaten Lombok Barat.

Sosialisasi awal pihak Pemda d wakili oleh Dishub diwakili Mandor Pasar dengan beberapa juru parkir juga pada tanggal 1 Agustus 2021 dilaksanakan penarikan yang di iringi kegiatan sosialisasi e-retribusi oleh PT.

kebersihan sampah di pasar rakyat Narmada dan pasar Umum Keru, Lombok Barat. Pelaksanaan penarikan dan sosialisasi berjalan dengan baik dan lancar, berkat koordinasi antara PT, Kepala pasar  serta para juru tagih retribusi pasar.

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan :

1.Pedagang mendapatkan kejelasan informasi tarif yang sesuai Perbup No. 26 tahun 2019, tentang perubahan tarif retribusi pelayanan persampahan atau kebersihan serta kewajibannya. 

2. Juru tagih mendapat kejelasan tentang status kerja dan mengenali awal cara penarikan dengan system baru.

3. PT mendapatkan data terbaru tentang jumlah pedagang dengan jenis : Bakulan, Pakai meja, dan pakai kios yang ini akan menjadi dasar penarikan tarif retribusi.

4. Pemda mendapatkan data terbaru tentang pedagang dan jenisnya untuk menentukan awal estimasi perolehan PAD dan target tahun depan.

Pelaksanaan hari ini Senin mendapat sambutan positif dari berbagai pihak, dengan tetap  mengedepankan situasi kondisi masyarakat yang masih terdampak Covid 19, yang pastinya berimbas pada perekonomian masyarakat sekitar.

Disamping itu pula PT mulai mensosialisasi penerapan retribusi E Parkir yang disambut baik oleh pihak Kepala Pasar, dikarenakan tetap menggunakan juru pungut dan juru parkir yang telah ada sehingga mereka tetap bekerja, dimasa sulitnya mencari lapangan kerja baru, selain akan mendapatkan pelatihan.

Mereka berharap dengan adanya penerapan retribusi ini akan meningkatkan PAD daerah Lombok Barat yang hasilnya akan dirasakan masyarakat kembali melalui pembangunan dan program-program pemerintah selanjutnya.

Sementara di lokasi dua pasar lainnya yaitu Pasar gerung n Kediri menunggu jadwal persiapan tahapan percobaan karena kordinasi dan komunikasi dengan mandor pasar sudah berjalan dengan baik.

Terkait pasar Gunungsari dalam waktu dekat juga akan akan merekrut juru parkir yang sudah ada untuk di berikan pelatihan khusus parkir, sesuai dengan Program yang akan di gunakan pihak PT. tutupnya.(aldy). 

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar