SPACE IKLAN

header ads

Optimalkan, Fokus Pada Penguatan Modal Usaha Melalui BUMDes, Kades Mareje Lakukan Ini

Berita Nasional
HEADLINE NEWS
Oleh. LL
Editor. L. Muhasan
23 September 2021.

Lombok Barat - Kepala Desa Mareje H. Muchsin Salim siap bekerja keras dimasa kepemimpinannya sekarang. Hal tersebut dilakukan dalam upaya melakukan perubahan yang significant di Desa Mareje Kecamatan Lembar Lombok Barat agar semakin maju dan sejahtera. 

H. Muchsin Salim mengatakan, dirinya akan melakukan beberapa perubahan dalam hal meningkatkan perekonomian masyarakat Mareje, dengan memprioritaskan penguatan modal usaha melalui BUMDes serta peran ekonomi masyarakat melalui BUMDes. 

" Ya pertama yang saya lakukan sebagai pilot proyek adalah, air kemasan Mareje Berkah." Ujar H. Muhsin saat ditemui media ini. Selasa (21/9/2021). 

Kemasan air Mareje Berkah ini akan menopang PADes Desa yang terbesar, karena tentu nanti ada yang memasarkan. Selain itu juga pihaknya akan menyusun Peraturan Desa (Perdes) untuk memperkuat hal tersebut. 

" Dan jika kita sudah buat peraturan desa tentu tidak akan masuk lagi air kemasan dari luar. Sehingga nanti kebutuhan airnya sangat banyak sekali," Katanya. 

Dan yang kedua, program yang paling penting adalah wisata Desa, sebab Mareje mempunyai wisata yang tak pernah dikembangkan, seperti ada teras iring ada dua lokasi baik di Gunung Jambul, dan ada gunung Asak Siwak. Potensi dan viunya bagus, Pemandangannya luas dan kelihatan Kota Mataram dan lainnya di pulau lombok. 

" Dan kami berharap ke depan dengan  terbangunnya wisata desa itu, insyallah akan menopang PAD desa yg terbesar nanti." kata H. Muchsin. 

Selain penguatan modal usaha melalui BUMDes dan Wisata lanjutnya, dirinya juga akan meningkatkan aktifitas pertanian di Desa Mareje. Menurut Kepala Desa, petani di wilayahnya saat ini banyak tidur, untuk menanam padi saja harus menunggu musim hujan.

" Ya ketika datang musim panas petani ini tidak ada lagi dikerjakan, hanya menanam sebatas hanya palawija yang dibutuhkan." Jelas dia. 

Dari kondisi tersebut saat ini dirinya terus berupaya mencari solusi terhadap kebutuhan petani agar bisa meningkatkan penghasilan. Tentu hal tersebut harus bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Lombok Barat untuk menggali penyebabnya. 

" Ya kita sudah bekerja sama dengan Dinas Pertanian akan dibangun sumur bor berkapasitas yang besar untuk irigasi. Jadi nanti masyarakat tanam padi bukan di musim hujan saja, tapi bisa di musim panas." bebernya. 

Ditanya tentang program desa melalui Dana Desa saat ini, H. Muchsin menjelaskan bahwa untuk kegiatan fisik saat ini akan fokus pada program jambanisasi sama air, sebab Desa Mareje sering kali kena stunting. 

" Jadi satunya cara adalah bagaimana masyarakat hidup sehat, pertama dari sanitasi air, kedua jambanisasi. Jadi masyarakat banyak buang air sembarangan makanya itu yang kami focuskan." tutupnya.


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar